Kompas TV internasional kompas dunia

Topan Tauktae Terjang India, 16 Tewas, AL India Sisir Laut Arab Cari Korban Kapal Tongkang Tenggelam

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 19:49 WIB
topan-tauktae-terjang-india-16-tewas-al-india-sisir-laut-arab-cari-korban-kapal-tongkang-tenggelam
Seorang lelaki yang berhasil diselamatkan oleh Angkatan Laut India dari Laut Arab, tiba di stasiun udara AL di Mumbai, India, Selasa (18/5/2021), menyusul terjangan Topan Tauktae di pesisir barat India. Pihak AL India mengerahkan sejumlah helikopter, kapal perang garis depan dan kapal patroli maritim untuk mencari para korban tongkang yang tenggelam dan kapal kargo yang hanyut di Laut Arab. (Sumber: Indian Navy via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya

NEW DELHI, KOMPAS.TV – Angkatan Laut (AL) India berjibaku menyelamatkan sejumlah orang dari sebuah kapal tongkang yang tenggelam dan kapal kargo yang hanyut di lepas pantai Mumbai pada Selasa (18/5/2021), menyusul terjangan topan mematikan di pesisir barat India.

Melansir Associated Press, Selasa (18/5/2021), sejauh ini, AL India telah menyelamatkan 177 orang dari total 400 orang yang berada di atas 2 kapal tongkang di Laut Arab.

Sebanyak tiga kapal perang garis depan, kapal patroli maritim dan sejumlah helikopter dikerahkan untuk menyisir lautan demi mencari keberadaan para korban.

Baca Juga: Filipina Dilanda Topan Vamco, 200 Ribu Orang Dievakuasi

Kedua kapal tongkang yang tenggelam merupakan tongkang milik Oil and Natural Gas Corporation, sebuah perusahaan minyak mentah dan gas alam terbesar di India.

Citra satelit yang dirilis NASA pada Senin (17/5/2021) memperlihatkan Topan Tauktae yang terbentuk di Laut Arab tengah mendekati pesisir barat India. (Sumber: NASA Worldview, Earth Observing System Data and Information System (EOSDIS) via AP)

Topan Tauktae, topan terkuat yang menghantam kawasan pantai barat India dalam lebih dari dua dekade, memiliki kecepatan hingga 210 kilometer per jam saat menyapu daratan Gujarat pada Senin malam (17/5/2021).

Empat orang dilaporkan tewas di negara bagian itu, dan total korban jiwa akibat terjangan Topan Tauktae menjadi 16 orang.

Baca Juga: Topan Goni Hantam Filipina, 10 Tewas

Di Maharashtra, 6 orang tewas pada Senin (17/5/2021). Namun, ibukota Maharashtra, Mumbai, tak mengalami kerusakan berarti meskipun hujan lebat mengguyur kawasan pantai kota dan angin kencang melanda gedung-gedung pencakar langit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x