Kompas TV regional kriminal

Siksa dan Paksa ART Makan Kotoran Kucing, Polisi Tetapkan Sang Majikan jadi Tersangka

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 16:18 WIB
siksa-dan-paksa-art-makan-kotoran-kucing-polisi-tetapkan-sang-majikan-jadi-tersangka
Ilustrasi penyiksaan majikan terhadap seorang ART di Surabaya yang berujung dengan ditetapkan status tersangka bagi sang majikan. (Sumber: Shutterstock Via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

SURABAYA, KOMPAS.TV- Babak baru terjadi pada kasus tindak kekerasan dan penyiksaan oleh EAS (45), seorang asisten rumah tangga (ART) di  Surabaya, Jawa Timur.

Sang Majikan berinsial F akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian.

“Sudah, Mas (ditetapkan sebagai tersangka). Inisialnya F,” kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya Ajun Komisaris Besar Oki Ahadian, saat dikonfirmasi, Senin (17/5/2021).

Menurut Oki, pihaknya telah mengirimkan surat pemanggilan terhadap F untuk dimintai keterangan sebagai tersangka. Namun, F tak datang.

"Belum datang orangnya. Kami sudah kirimkan surat panggilan untuk minta keterangan sebagai tersangka," ujar Oki.

Baca Juga: ART Tak Digaji hingga Dipaksa Makan Kotoran Kucing oleh Majikan, Pemkot Surabaya Minta Usut Tuntas

Meski demikian, Oki mengaku akan melayangkan surat panggilan pemeriksaan kembali kepada majikan EAS itu dalam waktu dekat.

"Kalau enggak datang, kami buatkan surat penggilan kedua," tutur Oki seperti dikutip dari Kompas.com.

Seperti yang diberitakan KompasTV sebelumnya, ART yang bekerja di kawasan Manyar, Kota Surabaya, Jawa Timur, berinsial EAS mengalami tindakan kekerasan oleh F, majikannya.

Selain tak mendapatkan hak yakni upah kerja, EAS ternyata juga dipaksa makan kotoran kucing. Bahkan EAS oleh sang majikan dimasukkan ke Lingkungan Pondok Sosial, dengan alasan memiliki gangguan kejiwaan.

Baca Juga: Siksa Pengawal karena Berpuasa, Majikan Mengaku Tak Bersalah

Setelah mendapat tindak kekerasan dan penyiksaan, EAS kini masih menjalani perawatan di rumah sakit. Ia mengalami sejumlah luka setelah dipukuli, disetrika, hingga disuguhi makanan yang dicampur kotoran kucing oleh sang majikan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x