Kompas TV nasional agama

Wow! Bagian-Bagian KRI Nanggala 402 Ditemukan, Jarak Antar Bagian Ternyata Cukup Jauh

Selasa, 18 Mei 2021 | 14:18 WIB
wow-bagian-bagian-kri-nanggala-402-ditemukan-jarak-antar-bagian-ternyata-cukup-jauh
Citra jarak antar bagian KRI Nanggala 402 pada kedalaman 838 kilometer di bawah laut (Sumber: Tangkapan Layar KompasTV)

BALI, KOMPAS.TV - Bagian-bagian KRI Nanggala 402 ditemukan, jarak antar bagian ternyata cukup jauh. Tim pencarian dan evakuasi di perairan utara Bali telah berhasil mengidentifikasi bagian-bagian KRI Nanggala yang ditemukan beserta jaraknya.

Mulai dari bow section atau haluan, sail section atau anjungan, dan stern section atau buritan.

Dari data yang didapat, diketahui jarak antara bagian satu dengan bagian lainnya sebagai berikut:

  • antara haluan dengan anjungan berjarak 107 meter
  • antara haluan dengan datum (diduga titik pusat tenggelamnya kapal selam sebelum pecah menjadi 3 bagian) berjarak sejauh 47 meter
  • antara buritan dan anjungan berjarak 36 meter

Baca Juga: Tim Evakuasi KRI Nanggala 402 Optimistis akan Angkat Anjungan dan Buritan dari Kedalaman 838 Meter

Bahkan, dari citra yang dihasilkan dari kapal milik China, Tan Suo Er Hao juga ditemukan kawah yang tidak jauh dari bongkahan badan KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 kilometer. Diketahui, kawah tersebut memiliki diameter 38 dengan kedalaman 10-15 meter. Diduga, disitulah bagian lain dari KRI Nanggala 402 berada, yakni badan tekan atau pressure hull.

Diberitakan sebelumnya, anjungan KRI Nanggala 402 pernah dicoba untuk diangkat menggunakan kapal milik China Tan Suo Er Hao. Namun, pada saat proses pengangkatan sling yang telah terpasang pada bagian anjungan atau sail section putus.

Baca Juga: Tiga Kapal China Bantu Operasi Pengangkatan KRI Nanggala 402

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:34
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   BIO FARMA: JUMLAH STOK VAKSIN COVID-19 MAMPU PENUHI TARGET 1 JUTA VAKSINASI PER HARI   SATGAS COVID-19 OPTIMISTIS PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH AKAN RAMPUNG SESUAI TARGET DI DESEMBER 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KOMITMEN LAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TENGAH PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT 97 PERSEN OBAT-OBATAN DI INDONESIA MASIH IMPOR DARI LUAR NEGERI   PEMERINTAH LARANG KEGIATAN TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE SELAMA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO