Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi: Akhir Tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Bisa Diujicobakan

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 13:12 WIB
presiden-jokowi-akhir-tahun-2022-kereta-cepat-jakarta-bandung-sudah-bisa-diujicobakan
Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Saat ini progres pengerjaan konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 73 persen.

“Saya melihat progres sampai hari ini tadi dilaporkan pada saya telah selesai 73 persen dan nanti, tahun depan, awal, sudah masuk ke persiapan untuk operasi,” kata Presiden Jokowi pada Selasa (18/5/2021).

“Dan diharapkan nanti di akhir tahun 2022 kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan dan tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasional.”

Baca Juga: Presiden Jokowi Targetkan 70 Juta Orang Sudah Divaksinasi pada September 2021

Presiden Jokowi berharap kereta cepat Jakarta-Bandung bisa terintegrasi dengan LRT dan MRT.

“Saya berharap kereta cepat ini nanti bisa terintegrasi dengan LRT di Jakarta dengan MRT di Jakarta,” ujarnya.

“Sehingga ada sebuah efisiensi waktu kecepatan dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing menjadi competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara lain,” dia melanjutkan.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Gotong Royong, Presiden Jokowi Berharap Pekerja Terlindung dari Covid-19

Di samping itu, Presiden Jokowi ingin adanya alih teknologi pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Yang diharapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung,” ucapnya. “Dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan, akan diperpanjang sampai ke Surabaya.”

Sebagai informasi, kereta cepat Jakarta-Bandung akan melalui 13 terowongan yang hingga pekan ini baru selesai ditembus delapan terowongan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Gotong Royong dan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Titik pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi ialah Casting Yard #1 yang tepatnya berada di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

“Lokasi tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung,” demikian keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Dalam kunjungan ini, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Tunnel #1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Gotong Royong, Presiden Jokowi Berharap Pekerja Terlindung dari Covid-19

“Terowongan yang memuat dua lintasan kereta cepat tersebut memiliki panjang 1,8 kilometer dan melintas di bawah tol Jakarta-Cikampek,” dia menjelaskan.

Sebagai informasi, dalam kunjungannya Jokowi didampingi Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Ada juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x