Kompas TV regional berita daerah

Pengelola Kafe di Banjarbaru Keluhkan Penurunan Omzet Signifikan, Dampak Pemberlakuan PPKM Mikro

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 11:08 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Pemberlakuan perpanjangan PPKM yang ditetapkan pemerintah pusat serta diikuti oleh Pemerintah Kota Banjarbaru, dianggap sangat memukul usaha para pemilik kafe di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Banjarbaru yang dalam beberapa bulan terakhir menjadi salah satu kota di kalimantan Selatan dengan pertumbuhan usaha warung makan dan kafe yang sedang menjamur, harus dihadapkan pada masalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

Yang paling berdampak yakni pembatasan jam buka dan jam tutup kafe.

Baca Juga: Ingin Pendidikan Berbasis Internet, Wali Kota Banjarbaru : Harus Menjadi Terdepan

Dicky, satu diantara pemilik kafe di Banjarbaru mengaku diberlakukannya PPKM, paling terasa pukulannya saat bulan ramadan lalu.

Penurunan omzet dirasakan pengelola hingga 40 persen,  akibat jam buka kafe yang hanya diperbolehkan hingga pukul 10 malam dimana biasanya buka dimulai sejak pukul 7 hingga pukul 12 malam.

“Terdampaknya yang pasti mengalami penurunan omzet, apalagi jam 10 sudah tutup. Untuk kemarin saja kami mengalami penurunan sekitar 30 persen, nah PPKM terbaru ini sekitar 30 sampai 60 persen,” ungkap Dicky.

Baca Juga: Sidak Kehadiran ASN di Hari Pertama Pasca Libur Lebaran

Beban mereka pun bertambah dengan harus menyiapkan anggaran untuk fasilitas tambahan seperti penyediaan hand sanitizer, tempat mencuci tangan, serta sabun  bagi pengunjung.

Para pengusaha berharap, Wali Kota Banjarbaru memiliki terobosan untuk membantu permasalahan para pengusaha.

Dengan tidak hanya mengikuti aturan pemerintah pusat namun sangat memberatkan para pengusaha.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x