Kompas TV internasional kompas dunia

Foto Ambulans Berlogo Padang di Palestina Viral, Gubernur Sumbar : Itu Sumbangan Warga Padang

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 09:28 WIB
foto-ambulans-berlogo-padang-di-palestina-viral-gubernur-sumbar-itu-sumbangan-warga-padang
Sebuah ambulans yang dihiasi logo pemkot Padang yang tengah memberi bantuan medis bagi warga Palestina di Gaza, viral di media sosial. (Sumber: Facebook Diskominfo Kota Padang )
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

GAZA, KOMPAS.TV – Sebuah foto mobil ambulans dengan logo Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, di Gaza, Palestina, viral di media sosial.

Melansir Kompas.com, ambulans itu disebut tengah membantu warga Palestina yang terluka akibat serangan udara Israel di kota Gaza.  

Kok bisa?

Ternyata, ambulans tersebut merupakan bantuan dari warga dan Pemkot Padang bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang didonasikan tahun 2020 lalu. Saat itu, Pemkot Padang masih dipimpin oleh Mahyeldi Ansharullah yang kini menjabat Gubernur Sumatera Barat.

Baca Juga: Wabah Covid-19 di India Kian Masif, Pria Ini Ubah Becaknya Jadi Ambulans dan Gratiskan untuk Pasien

“Benar, itu bantuan Pemkot Padang bersama warga Padang pada Maret 2020,” kata Mahyeldi pada para wartawan, Senin (17/5/2021).

Manajer Cabang ACT Padang, Aan Saputra membenarkan hal itu. "Bantuan tersebut dihimpun pada awal tahun 2020 dan disalurkan pada bulan Mei 2020," kata Aan seperti dikutip dari iNewsSumbar.id, Senin (17/5/2021).

Dikutip dari halaman Facebook Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Padang, ambulans itu dilengkapi dengan peralatan medis untuk pertolongan pertama bagi para pasien yang membutuhkan.

Baca Juga: Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza Rusak dan Disesaki Para Korban Luka Serangan Udara Israel

Menurut Mahyeldi, donasi tersebut disumbangkan melalui ACT yang kemudian membeli mobil ambulans di kawasan tersebut. “Jadi, mobilnya dibeli di sana, bukan (dikirim) dari Padang,” terang Mahyeldi. “Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi warga Palestina.”

Ambulans berlogo Pemkot Padang dan Aksi Cepat Tanggap tengah memberi bantuan medis bagi warga Palestina di Gaza, Palestina, viral di media sosial. (Sumber: Facebook Diskominfo Kota Padang )

Mahyeldi berharap, ambulans tersebut dapat membantu warga Palestina yang berada dalam kesusahan. Apalagi, kini Palestina tengah digempur serangan udara oleh tentara Israel sejak lebih dari sepekan lalu.

Baca Juga: Gaza Kian Mencekam, Terowongan Sepanjang 15 KM Hancur Usai Dibombardir Israel Lewat Serangan Udara

Hingga kini, ketiga foto ambulans di akun Facebook Diskominfo Kota Padang tersebut telah dibagikan sebanyak 181 kali, dan unggahan tentang ambulans di akun Instagram @actforhumanity telah ditonton lebih dari 270 ribu kali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.