Kompas TV internasional kompas dunia

3.000 Imigran Maroko Renangi Laut untuk Capai Perbatasan Spanyol, Ada yang Tenggelam dan Hipotermia

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 07:30 WIB
3-000-imigran-maroko-renangi-laut-untuk-capai-perbatasan-spanyol-ada-yang-tenggelam-dan-hipotermia
Seorang petugas polisi Spanyol, Guardia Civil, tengah berdiri menyambut seorang imigran Maroko yang berenang memasuki Ceuta, kantong wilayah Spanyol di Afrika Utara pada Senin (17/5/2021). (Sumber: Antonio Sempere/Europa Press via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

MADRID, KOMPAS.TV – Sekitar 3.000 warga Maroko – sepertinya merupakan anak di bawah umur – mengarungi lautan dengan berenang dan menggunakan perahu karet pada Senin (17/5/2021) untuk masuk ke perbatasan Spanyol di Ceuta, kantong wilayah Spanyol di Afrika utara. Jumlah itu merupakan jumlah imigran terbanyak yang menyeberang ke wilayah Spanyol dalam satu hari.

Menurut juru bicara polisi Spanyol Guardia Civil, para imigran dan pengungsi itu, seperti dikutip dari Al-Jazeera, berasal dari sejumlah pantai di selatan Ceuta, dan ditangkap saat mereka memasuki kantong wilayah Spanyol di Ceuta.

“Saat itu laut surut, dan di beberapa tempat, orang bahkan bisa berjalan kaki untuk menyeberang mencapai wilayah kami,” terang sang juru bicara.

Aksi penyeberangan itu dimulai pada pukul 2 dinihari di kawasan perbatasan Ceuta di Benzu dan disusul di dekat kawasan pantai Tarajal di bagian timur. Ketika hari yang menjelang siang juga tak menyurutkan para imigran menyeberangi perbatasan dari kota Fnideq, di barat-daya Ceuta. Sejumlah keluarga disertai anak-anak mereka juga tampak menyeberangi laut menggunakan perahu-perahu karet.

Sejumlah gambar yang dirilis harian setempat El Faro de Ceuta menunjukkan sejumlah orang memanjat dinding batu pemecah gelombang dan berlari melintasi pantai Tarajal di ujung tenggara Ceuta.

Melansir Associated Press, seorang pemuda dilaporkan tenggelam dalam upaya tersebut. Sementara sejumlah orang lainnya, termasuk anak-anak kecil, berhasil diselamatkan karena mengalami hipotermia.

Seorang perempuan Maroko tiba di pantai Ceuta, yang masuk wilayah Spanyol, seusai berenang mengarungi lautan dari Maroko pada Senin (17/5/2021). (Sumber: Antonio Sempere/Europa Press via AP)

Spanyol mengerahkan lebih dari 200 personil aparat penegak hukum ke Ceuta, termasuk polisi anti huru-hara dan petugas spesialis kendali perbatasan untuk mempercepat pemulangan para imigran yang datang.

Kedua negara, Maroko dan Spanyol baru-baru ini telah mencapai kesepakatan bahwa Spanyol akan mengembalikan siapapun yang memasuki Ceuta melalui air, kembali ke Maroko. Spanyol hanya mengijinkan anak-anak imigran yang tak didampingi orang tuanya tetap berada di negara itu di bawah pengawasan pemerintah.

Berbagai Faktor Sebabkan Arus Penyeberangan Imigran

Aliran masuknya warga Maroko ke Spanyol ini berlangsung seusai bulan Ramadan, saat banyak warga di Eropa kembali ke rumah mereka setelah mengunjungi kerabat mereka di negara-negara Afrika. Ini juga terjadi menyusul keputusan Madrid mengijinkan Brahim Ghali, pemimpin kelompok pejuang militan di Maroko, menerima penanganan Covid-19 di sebuah rumah sakit di Spanyol utara.

Pemerintah Spanyol, yang mengijinkan masuknya Ghali ke negara itu dengan menggunakan identitas terselubung, membenarkan keputusannya dengan alasan kemanusiaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x