Kompas TV nasional berita utama

Kala Anies Baswedan dan Wagub DKI Tak Kompak Soal Boleh Tidaknya Warga Bawa Kerabat ke Ibu Kota

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 04:45 WIB
kala-anies-baswedan-dan-wagub-dki-tak-kompak-soal-boleh-tidaknya-warga-bawa-kerabat-ke-ibu-kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakilnya, Achmad Riza Patria. Survei Median menyatakan 52,5 persen responden mengaku puas dengan kinerja Anies. (Sumber: Dokumentasi Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta dan wakilnya, Ahmad Riza Patria tak kompak terkait kebijakan boleh tidaknya warga membawa kerabatnya ke ibu kota pasca Lebaran.

Sebagai kota metropolitan, Kota Jakarta memang kerap menjadi jujugan warga luar daerah untuk didatangi dan biasanya selalu melonjak jumlanya pasca Lebaran.

Namun, saat pandemi Covid-19 ini terjadi, apakah hal itu masih bisa dilakukan?

Anies Baswedan menegaskan tidak ada imbauan ataupun permintaan dari Pemprov DKI untuk melarang warga Indonesia masuk ke wilayah Ibu Kota.

"Saya ingin garis bawahi bahwa kebijakan Jakarta tidak pernah melarang orang masuk Jakarta," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Anies Baswedan Pantau Warga yang Kembali dari Mudik

Gubernur DKI ini mengatakan, semua antisipasi pencegahan Covid-19 di Jakarta bukan bermaksud untuk melarang orang masuk ke Jakarta.

Menurutnya Jakarta merupakan milik warga Indonesia dan merupakan bagian dari Indonesia yang bisa didatangi kapan saja.

"Jadi ini bukan pelarangan masuk Jakarta, karena Jakarta bagian dari Indonesia, siapa saja penduduk Indonesia bisa datang ke kota mana saja," kata Anies.

Pemprov DKI Jakarta hanya memperketat pengecekan Covid-19 untuk mencegah dampak Covid-19 pascalibur lebaran.

Pemprov DKI akan gencar melakukan skrining bagi warga yang hendak masuk wilayah DKI Jakarta semata-mata agar lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi lagi.

"Jadi ini bukan pelarangan masuk Jakarta, tapi melakukan skrining pengecekan untuk mendeteksi agar warga Jakarta yang tidak bepergian, yang menaati anjuran mereka terlindung," tuturnya seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Wagub DKI: Pemudik yang Kembali Wajib Tes Covid-19

Namun, sikap berbeda ditunjukkan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta kepada warga yang kembali dari aktivitas mudik untuk tidak membawa kerabat ke Jakarta.

"Kami mohon maaf bagi yang kembali ke Jakarta untuk tidak membawa (kerabat) seperti tahun-tahun selama ini, dari dulu setiap habis Lebaran itu yang pulang kampung membawa temannya, saudaranya ke Jakarta," ucap Riza.

Ia mengatakan, sebagai ibu kota, DKI Jakarta sudah penuh sesak dan mungkin tidak bisa menampung orang lebih banyak lagi. Terlebih lagi, saat ini masa pandemi Covid-19, tidak banyak pekerjaan yang bisa didapat dari menurunnya perekonomian di DKI Jakarta

"Kami mengimbau menyarankan di Jakarta sudah cukup padat sebagai Ibu Kota," tegas Riza.

Baca Juga: Wagub DKI: Tak Perlu Bawa Kerabat, Jakarta Sudah Padat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x