Kompas TV nasional update corona

Doni Monardo: Hampir Seluruh Wilayah di Sumatra Zona Merah dan Oranye Covid-19

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 20:36 WIB
doni-monardo-hampir-seluruh-wilayah-di-sumatra-zona-merah-dan-oranye-covid-19
Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/5/2021) (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan hampir seluruh wilayah di Pulau Sumatra masuk ke dalam zona merah dan oranye Covid-19.

Seperti diketahui, zona merah artinya berisiko tinggi menularkan virus corona. Sedangkan zona oranye berisiko sedang.

Baca Juga: Zona Merah Covid 19 Warga Salat Ied Di Rumah

"Yang perlu kita cermati, Pulau Sumatra dalam posisi hampir semuanya berada pada zona oranye dan merah yang relatif meningkat selama satu bulan terakhir ini," kata Doni usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/5/2021).

Karena itu Doni meminta kepada semua pihak untuk turut serta dalam mengontrol laju penularan virus corona atau Covid-19. Ia juga meminta agar hal ini bisa menjadi perhatian bersama. 

Tidak terkecuali kepada para tokoh di daerah dan masyarakat agar bekerja sama terkait hal ini. Semua pihak, menurutnya, harus berperan untuk mencegah lonjakan kasus virus corona.

Baca Juga: Waspada Ancaman Gempa dan Tsunami di Barat Daya Sumatera, BNPB: Punya Potensi Tinggi

"Kepada seluruh pimpinan, kepada seluruh komunitas, untuk mengingatkan mereka yang kembali dari daerah-daerah zona merah dan zona oranye, mohon berkenan untuk melakukan karantina mandiri di kediaman," kata Doni.

"Semua ini dilakukan agar penularan kasus ini bisa kita kendalikan dengan lebih baik lagi dibandingkan tahun yang lalu.”

Apalagi, Doni menambahkan, jika belajar dari pengalaman sebelumnya, terutama ketika usai libur panjang, kasus Covid-19 dipastikan selalu naik. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x