Kompas TV video cerita indonesia

Hari Terakhir Larangan Mudik, Pemerintah Laporkan 15 Daerah Alami Peningkatan Kasus Covid-19

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 14:46 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap, di hari terakhir pelarangan mudik lebaran (17/5), sebanyak 15 provinsi dilaporkan mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Kelima belas provinsi tersebut tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Maluku.

"Kemudian kalau kita lihat 15 provinsi kasus aktifnya meningkat, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, DKI, Maluku, Banten, NTB, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan," ujar Airlangga saat memberiakn keterangan pers secara virtual melalui akun Youtube Sekretariat Presiden (17/5/2021).

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Aktif Covid-19, Presiden Jokowi Minta PPKM Mikro Diperkuat

Ia menambahkan, kasus mingguan Covid-19 di Pulau Sumatera mengalami tren peningkatan jika dibandingkan dengan bulan April.

"Namun kalau kita lihat dibandingkan minggu pertama April kasus mingguan di Pulau Sumatera ada tren meningkat juga tentu kita memonitor mobilitas penduduk pasca libur Lebaran dari Sumatera ke Jawa," tambahnhya.

Sementara itu, Airlangga menyebut, tingkat keterisian kasur di rumah sakit (Bed Occupancy Rate) relatif lebih rendah, yakni sekitar 29%. Meski demikian, beberapa daerah melaporkan lebih tinggi.

"Kalau kita lihat secara nasional BOR relatif rendah 29 persen, namun beberapa yang relatif tinggi itu ada di Sumatera dan kita lihat bahwa Sumatera Utara 57%, Riau 52% Kepulauan Riau 49%, Sumatera Barat juga 49%, Sumatera Selatan 47%, Bangka Belitung 45%, Jambi 43%, Lampung 38% dan 34%. Dan nanti Pak kepala BNPB melaporkan yang di Kemayoran relatif sudah rendah itu sekitar 16%," paparnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.