Kompas TV nasional sosial

Tanpa Unggah Dokumen, Portal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Lebih Praktis, Simak Jadwal Seleksinya!

Senin, 17 Mei 2021 | 14:58 WIB
tanpa-unggah-dokumen-portal-pendaftaran-cpns-dan-pppk-2021-lebih-praktis-simak-jadwal-seleksinya
Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). (Sumber: BKN.go.id)

SOLO, KOMPAS.TV - Tahun ini, portal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan menggunakan versi baru. Pelamar tidak perlu unggah dokumen, sehingga prosesnya akan jadi lebih praktis.

Pasalnya, melalui SSCASN versi baru ini pelamar tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan sejumlah dokumen untuk diunggah ke dalam portal pendaftaran Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Baca Juga: BKN Sebut Tes Wawasan Kebangsaan KPK Berbeda dengan TWK CPNS: Libatkan Lembaga Berpengalaman

Sebab, BKN sudah bekerja sama dengan sejumlah instansi negara, seperti Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Kemendikbudristek, dan Kementerian Kesehatan.

"Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti," jelas Kepala BKN Bima Haria Wibisana beberapa waktu lalu.

Animo masyarakat yang besar untuk mendaftar menjadi pegawai pemerintah, membuat Badan Kepegawaian Negara (BKN) meningkatkan fitur teknologi dalam SSCASN. Dalam portal versi baru, peserta akan dipermudah melakukan proses pendaftaran.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk Kerja, Ratusan ASN Ikuti Rapid Test

Salah satu kemudahan yang diberikan BKN dalam portal sscasn.go.id, yakni peserta sudah tidak perlu lagi mengunggah sejumlah dokumen, seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

Merujuk pada penerimaan CPNS 2019, pelamar masih harus menyiapkan beberapa dokumen utama. Seperti, scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, Kartu Keluarga (KK), pas Foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang menjadi syarat instansi yang dilamar. Belum lagi, seluruh dokumen harus diunggah sesuai dengan resolusi yang ditentukan.

Sehingga, kehadiran portal SSCASN versi baru akan membuat pelamar lebih praktis dan mudah saat mendaftar baik menjadi CPNS serta PPPK.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19