Kompas TV video sinau

5 Perang Tersingkat yang Pernah Terjadi di Dunia, Dari 30 Hari hingga 30 Menit

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 19:31 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Sejarah mencatat sejumlah perang terjadi di masa lalu. Ada yang terjadi selama bertahun-tahun, namun ada pula yang terjadi secara singkat.

Dilansir dari History of Yesterday, berikut ulasan ringkas perang tersingkat di dunia:

1. Perang 30 Hari: Yunani dan Turki

Terjadi pada 1897, orang Yunani ingin mengambil alih Pulau Kreta yang berada di bawah kendali Kekaisaran Ottoman.

Ketika orang Yunani berusaha untuk mengambil alih pulau itu, Kekaisaran Ottoman memberikan perlawanan. Karena tidak siap, pasukan Yunani tumbang dalam hitungan 30 hari.

2. Perang 24 Hari: Georgia dan Armenia

Berlangsung pada 7-31 Desember 1918 atas sengketa distrik di Lori, Javerkehti, dan Borchalo. Setelah lepas dari Kekaisaran Ottoman, perkelahian terjadi antara orang Georgia dan Armenia untuk menguasai daerah-daerah tersebut.

Pertikaian berakhir dengan kesepakatan distrik-distrik tersebut dikendalikan pemerintahan gabungan Georgia-Armenia.

3. Perang 13 Hari: India dan Pakistan

Perang terbesar namun terpendek antara India dan Pakistan, berlangsung antara tanggal 3-16 Desember 1971. Dimulai ketika angkatan udara Pakistan menyerang 11 stasiun udara India, meningkatkan permusuhan antara kedua negara.

Perang berakhir dengan kekalahan Pakistan, dan pembentukan negara Bangladesh terjadi.

4. Perang 6 Hari: Israel dan Negara Arab

Terjadi pada Juni 1967 akibat ketegangan yang parah antara Israel dengan Mesir, Suriah, dan Yordania. Selama 130 jam pertempuran singkat, lebih dari 800 orang Israel tewas. Namun pada saat yang sama, orang-orang Arab 5 kali lebih banyak yang terbunuh.

5. Perang 38 Menit: Inggris dan Zanzibar

Terjadi pada 1896, diawali perjanjian yang ditandatangani antara Jerman dan Inggris tentang kesepakatan wilayah kekuasaan Zanzibar dan Tanzania.

Perang terjadi ketika Inggris memerintahkan Bargash untuk menyerahkan kekuasaan yang diambil dari Inggris tanpa pemberitahuan. Meski singkat, perang itu menewaskan lebih dari 500 tentara dan ratusan terluka parah.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.