Kompas TV nasional politik

Politikus DPR Ini Minta Pemerintah Tambah Peran dan Tambah Anggaran BNPB

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 13:20 WIB
politikus-dpr-ini-minta-pemerintah-tambah-peran-dan-tambah-anggaran-bnpb
Warga menyaksikan ekskavator membersihkan puing pada daerah yang terkena banjir bandang di Waiwerang, Pulau Adonara, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/4/2021). Tim penyelamat terus menggali puing tanah longsor untuk mencari korban yang terkubur usai bencana banjir bandang. (Sumber: AP Photo/Rofinus Monteiro)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni mengusulkan agar pemerintah memperkuat peran, dan menambah anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Politikus NasDem dari Sumatera Barat ini memandang perlu usulannya itu agar BNPB lebih maksimal menangani suatu bencana alam hingga berdampak positif terhadap penanggulangan bencana di Indonesia.

“Komisi VIII mengusulkan penguatan BNPB. Kami melihat masih banyak kekurangan mulai dari perencanaan, sumber daya manusia, sistem kontrol dan informasi serta penganggaran,” sebut istri Bupati Pesisir Selatan ini dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: BNPB Keluarkan Peringatan Waspada Banjir Bandang dan Tanah Longsor di 16 Provinsi

Lisda menilai, peran BNPB dalam menangani bencana masih lemah terutama dalam hal anggaran. Sehingga berakibat pada kurangnya sosialisasi di tengah masyarakat.

"Padahal menurutnya setiap daerah memiliki potensi bencananya masing-masing," terang Lisda.

“BNPB ini masih lemah terutama anggarannya, sehingga mengakibatkan kurangnya sosialisasi di tengah masyarakat, apalagi Indonesia ini kan rawan bencana,"

Jika kondisi begitu, lanjut Lisda, masyarakat akan bingung ketika bencana datang mereka tidak tahu harus apa.

Baca Juga: Anggota DPR Minta Tak Perlu Saling Menyalahkan, Tapi Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

Kurangnya sosialisasi membikin risiko korban lebih banyak.

"Padahal jika sosialisasinya tepat, risiko bencana akan dikurangi, bahkan juga menghilangkan” jelas Lisda.

Politisi Parta NasDem itu berharap agar dalam rapat dengan Menteri Sosial tanggapannya dan aspirasi Anggota Komisi VIII DPR dapat diserap dengan baik.

"Terutama usulan dalam memperkuat suatu kelembagaan, salah satunya BNPB," tutup Lisda dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Kekerasan Israel terhadap Palestina, DPR: Indonesia Mestinya Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Gaza



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x