Kompas TV nasional kesehatan

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Sinopharm dan CanSino Segera Digunakan

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 10:16 WIB
vaksinasi-gotong-royong-dimulai-sinopharm-dan-cansino-segera-digunakan
Vaksin Sinopharm (Sumber: AP/Mark Schiefelbein)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Bio Farma (Persero) menargetkan pelaksanaan vaksinasi gotong royong virus corona Covid-19 dilakukan mulai pekan ini.

"Rencana tanggal 18 Mei ditargetkan untuk mulai penyuntikan," ujar Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto dilansir dari Kontan, Minggu (16/5/2021).

Adapun jenis vaksin yang digunakan, yaitu Sinopharm dan CanSino. Dalam vaksinasi gotong royong tahap pertama lebih dulu akan menggunakan vaksin produksi Sinopharm. Pasalnya, vaksin ini telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Kemenkes Resmi Tetapkan Harga Vaksin Sinopharm untuk Program Vaksinasi Gotong Royong

Namun, penerima vaksin gotong royong akan mendapatkan jenis vaksin yang sama pada penyuntikan pertama dan kedua.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah terus melakukan upaya dalam menjaga laju pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat untuk segera mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity. Salah satunya adalah melalui skema Gotong Royong.

Baca Juga: Ini Kata Buruh dan Pengusaha Soal Harga Vaksin Gotong Royong

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyampaikan, untuk pelaksanaan skema ini telah disiapkan vaksin Sinopharm dan CanSino.

“Sudah tersedia 500 ribu (dosis vaksin) dari 7,5 juta kontrak vaksin Sinopharm. Vaksin lain yang akan digunakan adalah CanSino dan ini sudah dipersiapkan 5 juta,” kata Airlangga, dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (10/05/2021), di Jakarta.

Baca Juga: WHO Setujui Izin Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinopharm, Ini Profil, Kemampuan, dan Harganya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x