Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes RI Lakukan Silaturahmi Virtual Idulfitri dengan WNI di Jepang dan Mikronesia

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 02:05 WIB
dubes-ri-lakukan-silaturahmi-virtual-idulfitri-dengan-wni-di-jepang-dan-mikronesia
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan ibu Nuning Akhmadi melakukan silaturahmi virtual dengan WNI di Jepang dan Mikronesia. (Sumber: KBRI Tokyo)

TOKYO, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo menggelar halalbihalal Idulfitri 1442 Hijriah secara virtual di tengah-tengah pandemi Covid-19, Minggu (16/5/2021).

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi saat menyapa warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di seluruh prefektur di Jepang meminta kesabaran dari seluruh WNI di tengah masa pandemi Covid-19.

"Saya menyampaikan selamat Idulfitri mohon maaf lahir batin. Ini adalah Lebaran kedua dalam kondisi pandemi Covid-19. Saya tahu kita rindu untuk pulang kampung. Tetapi karena kondisi begini kita tahan dulu untuk mudik dan tetap menjaga protokol kesehatan," ujar Dubes Ri untuk Jepang Heri Akhmadi.

Dalam kesempatan ini, Dubes Heri Akhmadi juga menyampaikan kepada WNI agar tetap menjalin komunikasi dengan KBRI Tokyo jika membutuhkan bantuan apapun. KBRI Tokyo menurut Dubes Heri Akhmadi selalu siap membantu WNI yang terinfeksi Covid-19 atau terdampak.

Lebih dari 300 WNI ikut dalam acara virtual Idulfitri ini baik melalui zoom maupun YouTube KBRI Tokyo. Acara dikemas secara santai dan interaktif dari hampir seluruh wilayah di Jepang, di antaranya dari Hokkaido, Nagasaki, Kyoto, Shikoku, Miyagi dan sebagainya.

Suparman, perwakilan WNI dari Mikronesia juga turut serta dalam acara ini. Kepada Dubes Heri Akhmadi, Suparman memastikan seluruh WNI dalam kondisi sehat.

"Di sini masih lockdown. Dari tahun kemarin semua WNI di Mikronesia sehat semua," kata Suparman.

Dalam kesempatan ini Dubes Heri Akhmadi juga menerima perwakilan dari organisasi masyarakat di Wisma Duta Tokyo, seperti dari Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCINU), Pengurus Cabang Istimewa Muhamadiyah (PCIM), Keluarga Masyarakat Hindu Indonesia (KMHI), Keluarga Masyarakat Katolik Indonesia (KMKI), Komunitas Budha di Jepang, Indonesian Community in Japan (ICJ), Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPIJ) dan sebagainya.

Dubes Heri Akhmadi dalam acara ini didampingi oleh Ibu Nuning Akhmadi, Wakil Dubes RI Tri Purnajaya, Konjen RI Osaka Diana Soetikno, Kepala Bidang Politik Andi Ardiansyah, Kepala Bidang Penerangan Sosial dan Budaya Meinarti Fauzie, Kepala Bidang Protokol Konsuler Ali Sucipto, Atase Pendidikan Yusli Wardiatno, Atase Imigrasi Marina Magdalena Harahap, dan Atase Perhubungan Samsul Rizal. (Andy Lala)

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x