Kompas TV internasional kompas dunia

Hiu Ternyata Gunakan Medan Magnet Bumi Sebagai GPS Alami untuk Kembali ke Tempat Semula

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 23:00 WIB
hiu-ternyata-gunakan-medan-magnet-bumi-sebagai-gps-alami-untuk-kembali-ke-tempat-semula
Peneliti Bryan Keller dengan seekor hiu bonnethead di Sungai North Edisto di Carolina Selatan, Amerika Serikat, September 2015. (Sumber: Bryan Keller via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

PORTLAND, KOMPAS.TV – Hiu ternyata menggunakan medan magnet Bumi sebagai GPS alami untuk membantu menavigasi perjalanan jauh mereka di lautan dan samudera dunia.

Temuan ini mengonfirmasi spekulasi lama para peneliti bahwa hiu menggunakan medan magnet sebagai alat bantu navigasi. Perilaku ini juga ditemukan pada hewan lain seperti penyu.

Temuan ini disimpulkan para peneliti melalui eksperimen laboratorium laut dengan sejumlah kecil spesies hiu.

Baca Juga: Fosil Hiu Godzilla Purba Berusia 300 Juta Tahun Akhirnya Miliki Nama Resmi

Melansir Associated Press, Minggu (16/5/2021), studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology bulan ini juga menjawab pertanyaan tentang mengapa hiu mampu mengarungi lautan luas dan kembali ke tempat semula untuk mencari makan, berkembang biak dan melahirkan.

“Kami tahu bahwa hiu dapat merespons medan magnet,” tutur Bryan Keller, spesialis kebijakan kelautan yang menjadi salah satu peneliti.

“Kami tak tahu bahwa mereka mendeteksinya untuk digunakan sebagai bantuan dalam navigasi. Ada hiu yang sanggup menempuh 20.000 kilometer dan kembali lagi ke tempat semula.”

Selama bertahun-tahun, pertanyaan tentang bagaimana hiu dapat melakukan migrasi lintas samudera telah menggelitik para peneliti. Hiu melakukan perjalanan mereka di samudera terbuka dengan sejumlah ciri fisik sebagai penanda.

Baca Juga: Terlihat Penampakan Hiu Macan Menyantap Bangkai Paus di Hawaii, Wisatawan Dilarang Berenang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x