Kompas TV video internasional

Belum Merdeka, Ini Permasalahan Yang Dihadapi Palestina!

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 20:58 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan Indonesia mengecam keras sikap Israel terhadap Palestina.

Hal ini disampaikannya saat usai menghadiri Extraordinary Open-ended Ministerial Meeting of the OIC Executive Committee yang diselenggarakan secara virtual.

 “Indonesia mengecam keras semua tindakan yang dilakukan oleh Israel Yang lebih melukai lagi, tindakan tersebut dilakukan di bulan suci Ramadhan dan di hari Raya Idul Fitri”, ungkap Retno saat memberikan keterangan pers (16/5).

Retno menekankan, semenjak OKI berdiri, komitmen dari tiap negara untuk mendukung kemerdekaan Palestina tidak pernah berubah.

“Sejak OKI didirikan komitmen negara OKI tidak pernah luntur dan terus bertekad untuk bersama Palestina di dalam memperjuangkan hak-haknya”, tambahnya.

Baca Juga: Konflik Israel - Palestina Memanas, Negara-Negara OKI Berkumpul Virtual, Ini Yang Dibahas!

Ia menambahkan, Palestina adalah satu-satunya negara yang belum merdeka dan masih diduduki oleh kolonial.

“Kita semua tidak boleh lupa bahwa Palestina adalah satu-satunya negara yang masih diduduki oleh kekuatan kolonial di dunia ini. Semua penderitaan Palestina disebabkan oleh Israel sebagai occupying power”, pungkasnya.

Retno menambahkan, rakyat Palestina sampai saat ini masih belum mendapatkan kebebasan.

Mereka kerap kali diganggu oleh Israel dalam berbagai hal.

“Kita masih menyaksikan adanya gangguan terhadap pelaksanaan ibadah di Masjid Al-Aqsa; Illegal settlement semakin merajalela; pergerakan orang-orang Palestina dibatasi di tanah mereka sendiri; dan hak-hak Palestina dihilangkan”, pungkasnya.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya penggunaan pengaruh setiap negara atas konflik antara Palestina dan Israel.

“Saya selalu menekankan pentingnya setiap dari kita menggunakan pengaruh masing-masing agar kekerasan dapat dihentikan, upaya de-eskalasi dilakukan, dan gencatan senjata dapat segera dilakukan”, tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.