Kompas TV internasional kompas dunia

Detik-Detik Kru Berita APTN Selamatkan Diri Sebelum Dihantam Rudal Israel

Minggu, 16 Mei 2021 | 21:05 WIB

KOMPAS.TV - Israel terus melancarkan serangan udara ke wilayah Palestina. Selain bangunan rumah warga, serangan udara Israel juga menghancurkan dua kantor berita internasional.

Gedung berlantai 12 di kota Gaza Palestina yang menjadi kantor berita Associated Press Television Network (APTN) dan Al-Jazeera runtuh dihantam rudal Israel.

Selama 15 tahun, kantor berita APTN diketahui berada di lantai teratas dan atapnya untuk dijadikan lokasi utama peliputan konflik Israel-Palestina.

Militer Israel mengatakan pihaknya menargetkan gedung itu karena diduga berisi Aset Badan Inteljen Hamas.

Terlihat dalam tayangan berikut yang merupakan detik-detik saat staf kantor berita APTN mengevakuasi diri sebelum rudal Israel diluncurkan.

Militer Israel memaksa para penghuni gedung mengevakuasi diri, saat memberi peringatan bahwa gedung akan dihancurkan.

Para kru berita dengan cepat berlari keluar gedung dengan membawa sejumlah alat peliputan dan dokumen penting lainnya.

Tercatat lebih dari 145 warga Palestina terluka akibat bentrokan yang terjadi pada hari ini (16/5).

Mesir pun turun tangan melihat kondisi ini.

Seperti diketahui, Mesir menjadi salah satu negara yang mempelopori dan berhasil meredakan ketegangan Israel-Gaza pada 2014 lalu.

Selain Mesir, PBB juga telah menjadwalkan sesi pembahasan mengenai konflik di Timur Tengah tersebut. Sementara itu, Presiden AS Joe Biden juga mengarahkan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk menghubungi rekan-rekan Israel mereka.

Namun, Jurnalis Harian Kompas, Mustofa Abdul Rahman di  Kairo Mesir menyebutkan jika Delegasi Mesir gagal membujuk pemerintahan Israel untuk gencatan senjata dan kini Delegasi Mesir sudah ditarik dari Tel Aviv.

Mustofa menyebutkan Israel kini dalam ancaman Perang Saudara.

Simak penjelasan selengkapnya dalam tayangan berikut.

Penulis : Anjani Nur Permatasari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Film

6 Rekomendasi Drakor yang Bikin Melek Investasi

Sabtu, 18 September 2021 | 10:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19