Kompas TV internasional kompas dunia

Detik-Detik Kru Berita APTN Selamatkan Diri Sebelum Dihantam Rudal Israel

Minggu, 16 Mei 2021 | 21:05 WIB

KOMPAS.TV - Israel terus melancarkan serangan udara ke wilayah Palestina. Selain bangunan rumah warga, serangan udara Israel juga menghancurkan dua kantor berita internasional.

Gedung berlantai 12 di kota Gaza Palestina yang menjadi kantor berita Associated Press Television Network (APTN) dan Al-Jazeera runtuh dihantam rudal Israel.

Selama 15 tahun, kantor berita APTN diketahui berada di lantai teratas dan atapnya untuk dijadikan lokasi utama peliputan konflik Israel-Palestina.

Militer Israel mengatakan pihaknya menargetkan gedung itu karena diduga berisi Aset Badan Inteljen Hamas.

Terlihat dalam tayangan berikut yang merupakan detik-detik saat staf kantor berita APTN mengevakuasi diri sebelum rudal Israel diluncurkan.

Militer Israel memaksa para penghuni gedung mengevakuasi diri, saat memberi peringatan bahwa gedung akan dihancurkan.

Para kru berita dengan cepat berlari keluar gedung dengan membawa sejumlah alat peliputan dan dokumen penting lainnya.

Tercatat lebih dari 145 warga Palestina terluka akibat bentrokan yang terjadi pada hari ini (16/5).

Mesir pun turun tangan melihat kondisi ini.

Seperti diketahui, Mesir menjadi salah satu negara yang mempelopori dan berhasil meredakan ketegangan Israel-Gaza pada 2014 lalu.

Selain Mesir, PBB juga telah menjadwalkan sesi pembahasan mengenai konflik di Timur Tengah tersebut. Sementara itu, Presiden AS Joe Biden juga mengarahkan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk menghubungi rekan-rekan Israel mereka.

Namun, Jurnalis Harian Kompas, Mustofa Abdul Rahman di  Kairo Mesir menyebutkan jika Delegasi Mesir gagal membujuk pemerintahan Israel untuk gencatan senjata dan kini Delegasi Mesir sudah ditarik dari Tel Aviv.

Mustofa menyebutkan Israel kini dalam ancaman Perang Saudara.

Simak penjelasan selengkapnya dalam tayangan berikut.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:16
WHO TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 DI SELURUH NEGARA MINIMAL SUDAH MENCAPAI 10 PERSEN PADA SEPTEMBER 2021   HINGGA 11 JUNI 2021, JUMLAH PASIEN DI RS WISMA ATLET KEMAYORAN SUDAH MENCAPAI 4.019 ORANG   PEMERINTAH TARGETKAN PERCEPATAN DIGITALISASI UMKM YAKNI 30 JUTA UMKM MASUK DIGITAL PADA 2030   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO REKOMENDASIKAN DANAU TOBA DI SUMUT SEBAGAI SALAH SATU DESTINASI UNTUK “WORK FROM TOBA”   WAMENTAN HARVICK HASNUL BERHARAP PENGGUNAAN ALAT & MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) MAMPU TINGKATKAN PRODUKSI NASIONAL   MENTERI KP SAKTI WAHYU TRENGGONO OPTIMISTIS KKP BISA MENINGKATKAN NILAI TUKAR NELAYAN   KETUM KONI KOTA TANGSEL DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA KASUS DUGAAN KORUPSI DANA HIBAH TAHUN ANGGARAN 2019   DEPUTI II KSP ABETNEGO TARIGAN DUKUNG MEDIASI ANTARA SUKU ANAK DALAM JAMBI DAN PERUSAHAAN PERKEBUNAN    PRESIDEN JOKOWI BERHARAP BANDARA JENDERAL BESAR SOEDIRMAN DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI PURBALINGGA   PRESIDEN JOKOWI MENYAMBUT BAIK BEROPERASINYA BANDARA JENDERAL BESAR SOEDIRMAN DI PURBALINGGA, JATENG   DISDIK: PENDAFTARAN PPDB JALUR PINDAH TUGAS ORANGTUA TAK JADIKAN KARTU KELUARGA DKI JAKARTA SEBAGAI SYARAT UTAMA   KEMENTAN RAIH OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DARI BPK 5 TAHUN BERTURUT-TURUT   KEMENTAN BERHASIL PERTAHANKAN OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN 5 TAHUN BERTURUT-TURUT   KEMENTAN RAIH OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN DARI BPK SELAMA 5 TAHUN BERTURUT-TURUT