Kompas TV regional peristiwa

Baku Tembak dengan TNI-Polri, 2 Anggota KKB Lekagak Telenggen Tewas, Seorang Lainnya Melarikan Diri

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 16:41 WIB
baku-tembak-dengan-tni-polri-2-anggota-kkb-lekagak-telenggen-tewas-seorang-lainnya-melarikan-diri
Kontak tembak kembali terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Personel Satgas Yonif Raider 400/BR yang sedang patroli ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Sumber: TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro

ILAGA, KOMPAS.TV - Aparat TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Ops Nemangkawi kembali terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Minggu (16/5/2021) pukul 03.19 WIT.

Pada insiden baku tembak tersebut, sebanyak 3 anggota KKB kena tembak TNI-Polri. Dari ketiga orang itu, dua di antaranya dilaporkan tewas.

Baca Juga: TNI Tembak Mati 2 Anak Buah Lekagak Telenggen, Anggota DPR: Kalau yang Dilumpuhkan KKB, Bagus

Sedangkan seorang anggota KKB lainnya melarikan diri dengan kondisi terluka karena tertembak peluru TNI-Polri.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudusy, mengatakan tiga anggota KKB yang terkena tembak merupakan anak buah dari Lekagak Telenggen.

Kombes Iqbal menuturkan, pascapenembakan pihaknya langsung melakukan penyisiran. Hasilnya, ditemukan barang bukti berupa 2 jenazah anggota KKB.

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Pastikan Satu Anggota KKB yang Tewas Merupakan Ajudan Pribadi Lesmin Waker

Selain itu, Satgas Nemangkawi juga menemukan 1 pucuk senjata organik jenis Moser 7,62, 1 buah HT, amunisi 17 butir, 4 selongsong peluru.

Saat ini, TNI-Polri masih melakukan penyisiran di sekitar lokasi yang menjadi tempat baku tembak dengan KKB. 

Termasuk, juga melakukan pengejaran terhadap satu anggota KKB yang melarikan diri dengan membawa senjata AK 47 milik teroris yang meninggal dunia.

Baca Juga: Sosok Komandan KKB yang Tewas Saat Baku Tembak dengan Kopassus, Ternyata Penembak Bharada Komang

“Hari ini Satgas Gakkum Nemangkawi akan melakukan olah TKP di Mayumberi," kata Kombes Iqbal dalam keterangannya yang dikutip dari Tribunnews pada Minggu (16/5/2021).

"Camp Mayumberi dikuasai TNI-Polri, kami akan terus mengejar dan melakukan penegakan hukum kelompok teroris yang saat ini berada pada zona Mini (Mimika, Intanjaya, Nduga dan Ilaga/Puncak).”

Sementara itu, situasi di Kota Ilaga saat ini sangat kondusif. Aktivitas warga sudah berjalan normal seperti biasa. Sejumlah pasar telah ramai penjual dan pembeli.

Baca Juga: Ketika Kopassus Terlibat Baku Tembak dengan KKB, 2 Anak Buah Lekagak Telenggen Langsung Tewas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x