Kompas TV entertainment lifestyle

9 Ulah Pemudik yang Bikin Kewalahan, Blokade Jalan hingga Kesurupan saat Disuruh Putar Balik

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 08:48 WIB
9-ulah-pemudik-yang-bikin-kewalahan-blokade-jalan-hingga-kesurupan-saat-disuruh-putar-balik
Petugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arus untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021) (Sumber: Kompas.com (ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH))
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski dilarang oleh pemerintah untuk mudik pada tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 demi menekan jumlah penyebaran positif Covid-19, tapi banyak masyarakat yang tetap "semau gue" dan nekat untuk terus berupaya dalam menembus penjagaan dan penyekatan yang dilakukan kepolisian.

Pemerintah Indonesia diketahui resmi melarang Mudik 2021 mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah penyebaran positif Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Pasang Spanduk, Warga Tolak Pemudik yang Kembali Tanpa Surat Bebas Covid-19

Kepolisian juga menerapkan sebanyak 381 pos penyekatan mudik dalam Operasi Ketupat 2021 dalam rangka melindungi masyarakat. Bagi masyarakat yang tidak membawa surat tugas dan antigen, pemudik akan langsung diputar balikkan petugas ke tempat asal.

Lantas apa saja modus atau ulah pemudik yang membuat petugas kewalahan karena tak terima diputar balikkan? berikut rangkumannya.

1. Pemudik jebol barikade penyekatan

Di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (9/5) hingga Senin (10/5) tampak antrean pemudik mengular hingga KM.

Ribuan pemudik yang menggunakan sepeda motor menjebol barikade penyekatan di Jalur Pantura, Kedung Waringin.

Petugas gabungan juga terlihat kewalahan dengan membludaknya para pemudik bahkan hingga memadati dua jalur.

Situasi juga sempat memanas, hingga akhirnya polisi melakukan diskresi dengan membuka satu jalur penyekatan dan melakukan penyekatan di pos berikutnya.

2. Pemudik motor blokade jalan pantura

Di Pos Penyekatan Gamon, Patukbeusi, Subang, Jawa Barat pada Selasa (11/5) pemudik yang menggunakan motor memilih memarkirkan motor di pinggir jalan sehingga menumpuk dan memblokade jalan.

Petugas berupaya menyuruh para pemudik motor untuk melanjutkan perjalanan dengan memutar balik namun mereka hanya bergeming dan menyebabkan kemacetan panjang hingga 9 KM.

3. Modus pura-pura menjadi kernet truk

Di Hari Pertama larangan mudik Kamis (6/5) Petugas gabungan juga mendapati sejumlah warga yang nekat mudik asal Banyuwangi.

Ia sengaja berpura-pura menjadi kernet truk agar bisa lolos menyebrang ke Pelabuhan Padangbai namun aksinya tersebut diketahui petugas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x