Kompas TV nasional sosial

Waspada! BMKG Sebut Hujan Lebat Terjadi di 26 Wilayah, Minggu 16 Mei 2021: Akibat Cuaca Ekstrem

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 04:45 WIB
waspada-bmkg-sebut-hujan-lebat-terjadi-di-26-wilayah-minggu-16-mei-2021-akibat-cuaca-ekstrem
Sejumlah mobil tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Cimahi, Jawa Barat. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Akhir pekan pada hari ini Minggu (16/5/2021) diperkirakan akan terjadi hujan lebat pada 26 wilayah di Indonesia.

Hal ini seperti rilis yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait peringatan dini cuaca untuk hari ini seperti disampaikan melalui laman resminya di bmkg.go.id, Jumat (15/5/2021).

BMKG menyebutkan 26 wilayah berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Sulawesi - perairan Utara Maluku Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan utara hingga Gorontalo, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tengah, Papua Barat hingga perairan utara Papua Barat.

Baca Juga: BMKG Catat 38 Kali Gempa Susulan di Nias Barat hingga Sabtu Pagi

Daerah sirkulasi siklonik juga terpantau di Selat Makassar dan di Teluk Thailand bag Selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Banda, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Barat, di Kalimantan Utara dan di Aceh.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di pesisir barat Bengkulu, di Jawa Barat bag Selatan, Jawa Tengah bag Selatan, di Laut Jawa, di Kalimantan barat bag Selatan, di Laut Sulawesi, di Maluku dan di Papua.

“Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” tulis keterangan tertulis BMKG.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Sabtu, 15 Mei 2021: 28 Wilayah Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

- Aceh

- Sumatra Utara

- Sumatra Barat

- Riau

- Kep. Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatra Selatan

- Kep. Bangka Belitung

- Lampung

- Banten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.