Kompas TV internasional kompas dunia

Wahana Antariksa China, Tianwen-1, Berhasil Mendarat di Planet Mars

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 03:21 WIB
wahana-antariksa-china-tianwen-1-berhasil-mendarat-di-planet-mars
Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada 26 Maret merilis dua citra terbaru Mars yang diabadikan oleh wahana antariksa Tianwen-1 milik China. Dalam foto-foto tersebut, Mars tampak berbentuk bulan sabit dengan tekstur permukaan yang bersih. Ketika wahana antariksa Tianwen-1 berjarak 11.000 km dari Mars di sisi terjauh planet ini dengan Matahari, wahana tersebut berhasil mengabadikan foto panorama Mars dengan kamera resolusi menengah yang dibawanya. (Sumber: Xinhua/CNSA)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BEIJING, KOMPAS.TV - Wahana pendarat (lander) yang membawa penjelajah (rover) Mars pertama China sukses mendarat di Planet Merah, demikian disampaikan Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada Sabtu (15/05/2021) pagi waktu setempaT, seperti dilansir Xinhua, Sabtu, (15/05/2021)

Ini pertama kalinya China mendaratkan sebuah wahana antariksa di planet selain Bumi.

Tianwen-1, yang terdiri dari wahana pengorbit (orbiter), pendarat, dan penjelajah, diluncurkan dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di pesisir provinsi pulau Hainan, China selatan, pada 23 Juli 2020.

Wahana tersebut menjadi langkah pertama China dalam eksplorasi planet di tata surya, dengan tujuan menyelesaikan pengorbitan, pendaratan, dan penjelajahan di Planet Merah dalam satu misi.

Baca Juga: Rover Dewa Perang, Penjelajah Planet Mars Pertama Milik China

Foto yang dirilis oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada 4 Maret 2021 ini menunjukkan sebuah citra Mars dengan resolusi tinggi yang diabadikan oleh wahana antariksa Tianwen-1 milik China. (Sumber: Xinhua/CNSA)

Tianwen-1 memasuki orbit Mars pada Februari lalu setelah melakukan perjalanan hampir tujuh bulan di luar angkasa, dan menghabiskan lebih dari dua bulan untuk menyurvei lokasi pendaratan potensial.

Wahana Tianwen-1 tersebut berfungsi dengan normal sejak peluncurannya 23 Juli 2020 lalu, kata CNSA pada Jumat (14/05/2021), seraya menambahkan wahana itu memasuki orbit Mars pada 10 Februari 2021 dan mendapatkan sejumlah besar data ilmiah.

Wahana tersebut mendarat di Utopia Planitia di Mars sesuai target, papar CNSA.

Tianwen-1 dirancang untuk menyelesaikan pengorbitan, pendaratan, dan penjelajahan dalam satu misi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.