Kompas TV olahraga kompas sport

Final Piala FA Chelsea vs Leicester City, Gol Tunggal Youri Tielmens Bawa The Foxes Cetak Sejarah

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 02:06 WIB
final-piala-fa-chelsea-vs-leicester-city-gol-tunggal-youri-tielmens-bawa-the-foxes-cetak-sejarah
Gelandang Leicester City Youri Tielemans merayakan gol ke gawang Chelsea pada laga final Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (15/5/2021) malam WIB. (Sumber: AFP/MATTHEW CHILDS)
Penulis : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV- Gol semata wayang Youri Tielmens membawa Leicester City mengalahkan Chelsea dalam final Piala FA 2020-2021 yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (15/5/20210) malam.

Ini adalah gelar Piala FA Leicester City sepanjang sejarah. Mereka telah mencapai final sebanyak empat kali, tetapi selalu gagal sebelum ini.

Di sisi lain, hasil ini membuat Chelsea telah gagal di final Piala FA selama dua musim beruntun. Pada musim sebelumnya, mereka gagal juara usai dikalahkan Arsenal di final Piala FA 2019-2020.

Baca Juga: Hasil Piala FA Chelsea Vs Man City: Disingkirkan The Blues, Cityzen Terpaksa Lupakan Mimpi Quadruple

Seperti juga diberitakan Kompas.com, pertandingan final Piala FA ini dihadiri 20.000 lebih penonton setelah pemerintah Inggris memberikan izin. Ini adalah rekor penonton terbanyak di ajang olahraga Inggris selama pandemi Covid-19.

Tampil di final Piala FA, Chelsea menggunakan seragam anyarnya untuk musim 2021-2022. Laga Chelsea vs Leicester City berlangsung dengan instensitas tinggi sejak peluit babak pertama dibunyikan.

Kedua tim saling gencar saling membongkar pertahanan masing-masing guna mencetak skor lebih dulu. Sayang, serangan mereka selalu bantu hingga 15 menit laga berjalan. Setelahnya, Chelsea dan Leicester mulai dapat menciptakan upaya ke arah ke gawang.

Namun, belum ada satu pun yang mampu mencetak gol hingga akhirnya babak pertama ditutup dengan skor sama kuat, 0-0.

Baca Juga: Hasil Piala FA: Manchester United Tersingkir, Chelsea dan Leicester ke Semfiinal

Usai rehat, Chelsea akhirnya mampu membuat upaya tepat sasaran setelah sembilan kali percobaan. Adalah Marcos Alonso yang menjadi aktor pengancam gawang Leicester lewat tandukannya usai menerima umpan lambung dari sisi kanan. Namun, sundulan Alonso tidak terlalu keras dan tepat ke arah Kasper Schmeichel.

Di kubu Leicester, Jamie Vardy dkk mulai rajin memainkan bola di daerah pertahanan Chelsea sehingga para pemain The Blues kerepotan. Tekanan mereka pun akhirnya berbuah hasil dengan upaya tepat sasaran perdana yang berbuah gol.

Terciptanya gol bermula ketika Reece James tidak sempurna memberikan umpan sehingga membentur pemain Leicester. Si kulit bundar kemudian direbut Luke Thomas dan diumpankan ke Youri Tielemans.

Gelandang asal Belgia itu mendribel sedikit sebelum menembak bola dengan sangat keras. Laju bola yang melambung dan begitu kencang tak mampu diselamatkan oleh Kepa Arrizabalaga. Leicester pun memimpin 1-0 sejak menit ke-63.

Skor ini pun bertahan hingga laga usai. Leicester City pun untuk pertama kalinya merengkuh trofi Piala FA.

Baca Juga: Piala FA 2021: Delapan Tim Pastikan ke Perempat Final, Hanya Satu yang Bukan dari Premier League

CHELSEA vs LEICESTER CITY 0-1 (Tielemans 63')

CHELSEA (3-4-2-1): 1-Kepa; 28-Azpilicueta (20-Hudson-Odoi 76'), 6-Silva, 2-Ruediger; 24-James, 7-N'Golo Kante, 5-Jorginho (29-Havertz 75'), 3-Alonso (21-Chilwell 68'); 22-Ziyech (10-Pulisic 68'), 19-Mount; 11-Werner (18-Giroud 82'). Cadangan: 16-Mendy, 15-Zouma, 23-Gilmour, 33-Emerson. Pelatih: Thomas Tuchel (JER).

LEICESTER CITY (3-4-1-2): 1-Schmeichel; 6-Evans (11-Albrighton 34'), 4-Soyuncu, 3-Fofana; 27-Castagne, 25-Ndidi, 8-Tielemans, 33-Thomas (5-Morgan 82'); 17-Perez (20-Choudhury 82'); 14-Iheanacho (10-Maddison 67'), 9-Vardy. Cadangan: 12-Ward, 18-Amartey, 21-Ricardo, 24-Mendy, 26-Praet. Pelatih: Brendan Rodgers (IRL).

Baca Juga: Liverpool Disingkirkan MU di Piala FA, Klopp: "Kami Sangat Ingin Menang, tapi Itu Tidak Cukup"



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.