Kompas TV nasional politik

Imbas Peningkatan Pengunjung TMII, Ancol dan Ragunan Ditutup Selama 2 Hari

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 01:30 WIB
imbas-peningkatan-pengunjung-tmii-ancol-dan-ragunan-ditutup-selama-2-hari
Disparekraf DKI Jakarta menutup sementara kawasan pariwisata Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Margasatwa Ragunan selama 2 hari mulai 16 Mei 2021. (Sumber: Instagram Disparekraf DKI Jakarta)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup sementara tiga kawasan di ibu kota yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Margasatwa Ragunan.

Kebijakan penutupan ini hasil eveluasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dari peningkatan pengunjung pada 14-15 Mei 2021.

Melalui akun Instagram resmi Disparekraf DKI, penutupan empat kawasan wisata dilakukan selama dua hari dari 16 – 17 Mei 2021.

Baca Juga: Warganet Soal kerumunan Ancol, Bandingkan dengan Larangan Ziarah hingga Takut Seperti Kasus di India

“Penguatan protokol kesehatan akan dilakukan selama masa penutupan. Kawasan pariwisaata akan di buka kembali pada tanggal 18 Mei 2021,” tulis informasi Disparekraf DKI, Sabtu (15/5/2021) seperti dikutip KompasTV.

Disparekraf DKI juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan secara rutin dan menjaga jarak aman dimanapun berada.

Pada Sabtu (15/5/2021) pukul 11.30 WIB pengelola TMII memberlakukan sistem buka tutup karena kapasitas pengunjung di dalam TMII mencapai batas maksimal.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda TMII mampu menampung 60 ribu pengunjung, kini jumlahnya dibatasi maksimal 30 persen atau 20 ribu.

Baca Juga: H+2 Lebaran, Jumlah Pengunjung TMII Capai Lebih dari 20 Ribu Orang

Imbas sistem buka tutup gerbang mulai pukul 11.30 WIB hingga 13.30 WIB membuat kerumunan di pintu masuk TMII.

Kasus peningkatan pengunjung juga terjadi di Taman Impian Jaya Ancol. Pada Jumat (14/5/2021) atau hari ke dua Lebaran, jumlah pengunjung tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol mencapai lebih dari 40.000 pengunjung.

Kemudian Sabtu (15/5/2021), pengelola menutup tempat wisata yang berada di Jakarta Utara tersebut.

Baca Juga: Momen Lebaran, Ribuan Pengunjung Padati Ragunan dan Ancol

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali menjelaskan penutupan ini untuk melakukan disinfeksi seluruh area dan evaluasi penguatan penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan

Teuku juga menjelaskan penutupan Ancol akan mengikuti aturan Pemprov DKI Jakarta yakni hingga 17 Mei 2021.

Sementara itu dalam dua hari terakhir pengunjung di Ragunan mencapai puluhan ribu. Pada Jumat (14/5/2021) atau hari kedua lebaran, jumlah pengunjung Ragunan mencapai 20.174 orang.

Pada Sabtu (15/5/2021) pengunjung Ragunan mencapai 17.148 orang. Banyaknya masyarakat yang ingin berwisata membuat antrean di pintu masuk ragunan mengular.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 Ingatkan Tempat Wisata Terapkan Prokes, Berharap Agustus Bebas Corona

Adapun selama masa libur lebaran pengelola Taman Margasatwa Ragungn hanya membuka 30 persen pengunjung atau sekitar 30.000 orang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.