Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi Bicara dengan Erdogan sampai Presiden Afghanistan, Kecam Serangan Israel

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 19:55 WIB
presiden-jokowi-bicara-dengan-erdogan-sampai-presiden-afghanistan-kecam-serangan-israel
Presiden Jokowi berbicara dengan sejumlah pemimpin negara, termasuk negara-negara Asia Tenggara anggota ASEAN menyoal serangan Israel pada Palestina. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara dengan sejumlah pemimpin negara, termasuk negara-negara di Asia Tenggara anggota ASEAN menyoal serangan Israel pada Palestina.

Konflik Palestina-Israel memanas. Tentara Israel dan Hamas saling mengirimkan rudal.

Meski begitu, korban lebih banyak jatuh di pihak warga sipil Palestina. Hingga hari ini (15/5/2021), setidaknya 140 warga Palestina tewas karena serangan Israel, 39 jiwa di antaranya anak-anak.

Baca Juga: Konflik dengan Palestina, Israel Tambah Kekuatan Pasukan dan Tank di Gaza

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden Jokowi membicarakan persoalan di Palestina tersebut dan berbagai permasalahan dunia. 

Jokowi mengaku telah berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, serta Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Ia juga membicarakan berbagai persoalan dunia, termasuk soal Palestina dengan Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong Sultan Abdullah, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, dan PM Malaysia Muhyiddin Yassin.

"Kami berbicara tentang perkembangan global, termasuk tindak lanjut ASEAN Leaders Meeting #ALM, perkembangan di Afghanistan dan situasi yang sangat memprihatinkan di Palestina," tulis Jokowi melalui akun Twitter miliknya @jokowi.

Berbicara atas nama masyarakat Indonesia, Presiden Jokowi menyampaikan kecaman terhadap serangan Israel pada Palestina itu.

“Indonesia mengutuk keras serangan Israel yang menelan korban ratusan jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak, agresi Israel harus segera dihentikan,” imbuh Jokowi.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun telah menyatakan kecamannya atas kekerasan dan pengusiran paksa warga di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.