Kompas TV nasional berita utama

Polda Metro Jaya Siapkan 12 Pos Pemeriksaan Antigen, Pemudik yang Reaktif Dibawa ke Wisma Atlet

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 19:20 WIB
polda-metro-jaya-siapkan-12-pos-pemeriksaan-antigen-pemudik-yang-reaktif-dibawa-ke-wisma-atlet
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan keterangan terkait disiapkannya 12 pos titik pemeriksaan antigen bagi pemudik yang kembali ke Jakarta. (Sumber: ntmcpolri)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya akan menempatkan 12 pos titik pemeriksaan antigen terhadap pengendara yang kembali dari luar kota menuju Jakarta.

Jika penumpang kendaraan diketahui reaktif antigen Covid-19, maka akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR dan isolasi mandiri sementara.

“Kalau ada yang reaktif maka dari pihak pemda melalui Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI akan memeriksa yang bersangkutan dan membawa ke wisma atlet untuk dilanjutkan dengan PCR. Selama menunggu hasil PCR maka dia akan diisolasi,” kata Sambodo melalui keterangan tertulis, Sabtu, (15/5/2021).

Baca Juga: Periksa Warga Pulang Mudik, Polisi Siapkan 12 Titik Penyekatan Tes Antigen

Sementara itu, kata Sambodo, para pengendara yang melintasi Tol Cikampek-Jakarta akan diperiksa surat antigen atau bebas Covid-19 oleh petugas.

Apabila pengendara tidak dapat menunjukkan surat bebas Covid-19, lanjut Sambodo, maka akan diarahkan untuk menjalani tes antigen.

Jika ternyata hasilnya reaktif, orang bersangkutan akan dibawa ke Wisma Atlet untuk tes usap PCR dan isolasi mandiri sementara hingga hasil PCR keluar.

Di akhir keterangannya, Sambodo mengatakan, Polda Metro Jaya telah menyiapkan kendaraan bus untuk mengangkut pendatang yang reaktif menuju Wisma Atlet dengan periode pemberangkatan sejam sekali.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, Polda Metro Jaya kembali membentuk posko penyekatan untuk antisipasi arus balik mudik Lebaran 2021. Total, setidaknya 4 titik yang menjadi fokus pengamanan arus balik mudik lebaran.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik, Titik Penyekatan Polda Metro Jaya Difokuskan dari Arah Jawa Barat dan Merak

Yusri menyampaikan empat titik posko penyekatan itu akan dibentuk di jalan arteri maupun jalan tol yang biasa dilewati pengendara dari arah Jawa Barat maupun Merak.

"Ada 4 titik yang paling krusial. Yang pertama di tol ada 2 titik. Dari arah Jawa Barat dari Cikampek ke Jakarta itu sudah disediakan pos pemeriksaan di KM 34. Kemudian yang arah dari Tangerang sana, dari Merak itu kita siapkan di tol Cikupa," kata Yusri seperti dikutip dari Tribunnews, Sabtu (15/5/2021).

Keempat titik itu nantinya akan dibentuk pos pemeriksaan gabungan TNI-Polri. Rinciannya, untuk jalan tol, pos pemeriksaan akan dibentuk di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 34 dan jalan tol Cikupa arah Merak.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya: Sekitar 1,2 Juta Warga DKI Sudah Mudik Keluar dari Jakarta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x