Kompas TV nasional sosial

Kakorlantas Siapkan 109 Check Point untuk Perketat Penyekatan Arus Balik Lebaran

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 16:37 WIB
kakorlantas-siapkan-109-check-point-untuk-perketat-penyekatan-arus-balik-lebaran
Ilustrasi arus balik Lebaran. (Sumber: KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memastikan akan ada pengetatan arus balik Lebaran 2021. Sebanyak 109 check point atau penyekatan disiapkan di seluruh wilayah Indonesia.

Tujuannya, untuk memastikan para pemudik membawa surat swab antigen atau PCR swab sebelum memasuki Ibu Kota DKI Jakarta.

Jumlah 109 check point tersebut merupakan kolaborasi antara Polri dan Satgas Covid-19 di masing-masing wilayah.

Baca Juga: Kemenhub Buat Posko Tes Antigen Acak di Karawang untuk Arus Balik Mudik

Check point yang kita bangun secara nasional ada 25 di tol maupun arteri. Kemudian jajaran satgas wilayah membangun 85 titik. Jadi jumlah semuanya 109 titik check point atau penyekatan untuk kita lakukan random cek antigen,” jelas Istiono di Gadog, Puncak, Jawa Barat, Jumat (14/5/2021).

Kakorlantas memperkirakan ada sekitar 1,5 juta pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Angka tersebut terdiri dari 1,2 juta dari arah Bali maupun Jawa dan 300 ribu dari arah Sumatera.

“Total lebih kurang 1,5 juta, baik sebelum puasa, puasa atau sampai lebaran ini. Oleh karena itu kita harus kelola pergerakan ini,” katanya.

Istiono memperkirakan mulai hari ini akan terjadi pergeseran dan pergerakan kendaraan yang dari Jawa menuju Jakarta.

Untuk mengantisipasinya, pemerintah telah melakukan langkah-langkah kebijakan yaitu melakukan random test antigen bagi pemudik yang dari Bali, Jawa menuju Jakarta.

Baca Juga: Kendaraan Arus Balik Terpantau Ramai di Arteri Karawang

Kendati demikian, Istiono lebih menitikberatkan pergerakan arus balik dari Sumatera menuju wilayah Jabodetabek. Sebab, angkat kasus Covid-19 di Sumatera cenderung naik dalam beberapa hari terakhir sedangkan ketersediaan ruang isolasi makin menipis.

“Kemudian Sumatera menuju Jakarta. Sumatra menuju Jakarta ini harus lebih ketat sebab indikator persediaan tempat tidur RS dari Sumatra ini meningkat menurut data Satgas Covid yaitu di atas 56 persen. Oleh karena itu Sumatra menjadi perhatian,” sambungnya.

Untuk itu Korlantas bersama instansi terkait dan Satags Covid-19 akan menggelar posko untuk swab antigen secara acak dan gratis. Hal ini guna memastikan seluruh masyarakat yang balik ke wilayah Jabodetabek.

“Nanti di Lampung, Bakauheni akan dibentuk check point, jadi tidak ada yang lolos satupun untuk pemeriksaan swab antigen," ujar Istiono seperti dikutip dari NTMC Polri.  

"Jadi, wajib untuk dilaksanakan sebelum pergerakan orang/barang dari Sumatra atau Jawa harus dilengkapi surat swab antigen,” jelas Istiono.

Baca Juga: Tes Acak Covid-19 Pemudik di Titik Penyekatan Ditingkatkan, Antisipasi Lonjakan Arus Balik



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.