Kompas TV nasional update corona

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pasca Lebaran, Polisi akan Datangi Rumah Warga yang Berhasil Mudik

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 16:00 WIB
antisipasi-penyebaran-covid-19-pasca-lebaran-polisi-akan-datangi-rumah-warga-yang-berhasil-mudik
Petugas melakukan pemeriksaan pada H-1 Lebaran di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menyatakan, petugas kepolisian bakal datangi rumah warga yang lolos pulang ke kampung halaman saat operasi pelarangan mudik lebaran 2021.

Kata Yusri, kedatangan pihak kepolisian tersebut untuk meminta surat bebas Covid-19 pasca mudik lebaran.

"Kalau mereka sudah pulang, kita datangi rumah mereka untuk swab yang belum. Ini upaya. Kalau positif? Kita isolasi mereka sesuai mekanisme aturan. Kemungkinan kita bawa ke rumah sakit," jelas Yusri, Sabtu (15/5/2021) dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya: Sekitar 1,2 Juta Warga DKI Sudah Mudik Keluar dari Jakarta

Menurut Yusri, hal tersebut merupakan cara untuk menekan penyebaran Covid-19 pasca mudik lebaran.

Kendati demikian, Yusri menyatakan bahwa kebijakan tersebut sebagai pilihan alternatif yang akan dilakukan pihak kepolisian.

Jika pemudik kooperatif untuk menunjukkan surat bebas Covid-19 di posko penyekatan, lanjut Yusri, maka kebijakan tersebut tidak lagi perlu dilakukan.

"Ini opsi kedua bagaimana menekan penyebaran Covid-19 pasca mudik ini," terangnya.

Sementera itu, kata Yusri, pihaknya sudah mendata warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang ketahuan lolos mudik lebaran 2021. Selanjutnya, dia meminta masyarakat untuk segera melengkapi surat bebas Covid-19 sebelum masuk kembali ke Jakarta.

"Di masing-masing RT/RW dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan Kapolsek sudah mendata mana warganya yang mudik. Ini sudah masuk pelan pelan," jelasnya.

Baca Juga: Polri Sebut Penyekatan Efektif, Jumlah Pemudik Turun Drastis dari Perkiraan 23 Juta Jadi 1,5 Juta

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya kembali membentuk posko penyekatan untuk antisipasi arus balik mudik lebaran 2021. Total, setidaknya 4 titik yang menjadi fokus pengamanan arus balik mudik lebaran.

Kempat titik posko penyekatan itu akan dibentuk di jalan arteri maupun jalan tol yang biasa dilewati pengendara dari arah Jawa Barat maupun Merak.

"Ada 4 titik yang paling krusial. Yang pertama di tol ada 2 titik. Dari arah Jawa Barat dari Cikampek ke Jakarta itu sudah disediakan pos pemeriksaan di KM 34. Kemudian yang arah dari Tangerang sana, dari Merak itu kita siapkan di tol Cikupa," kata Yusri seperti dikutip dari Trubunnews, Sabtu (15/5/2021).

Baca Juga: Petugas Gabungan Perketat Penyekatan Pemudik



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.