Kompas TV nasional berita utama

Kopassus Terlibat, Komandan KKB Tewas Ditembak Mati

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 17:29 WIB
Penulis : Angela Winda

PUNCAK, KOMPAS.TV - Komandan KKB Wilayah Pintu Angin, Kabupaten Puncak, Papua dinyatakan tewas, setelah ditembak pasukan satgas pinang sirih dan pasukan Polri di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga pada Kamis (13/05/2021).

Lesmin Waker adalah komandan KKB yang berada dalam Pasukan Pintu Angin dibawah pimpinan Lekagak Telenggen.

Ia ditembak mati, setelah terjadi kontak senjata di sekitar kampung Wuloni, yang diduga sebagai kampung tempat persembunyian kelompok teroris Papua atau KKB Lekagak Talenggeng.

Komandan KKB, Lesmin Waker ini juga disebut sebagai salah satu pelaku penembakan yang terjadi pada seorang anggota Brimob, Bharada I Komang Wira Natha, yang meninggal pada April 2021.

I Komang baru bergabung dan ditugaskan ke Papua selama 3 bulan.

Dalam kejadian kontak senjata tersebut, juga ditemukan bahwa ada 1 anggota KKB Kelompok Teroris Papua yang juga tewas, namun hingga kini belum diketahui identitasnya.

Dari baku tembak tersebut, ditemukan beberapa barang bukti seperti 1 helm militer, dokumen, beberapa senjata tajam, panah dan telepon seluler.

Rabu, 12 Mei 2021, aparat keamanan gabungan TNI Polri juga berhasil melakukan penegakan hukum terhadap KKB dengan menguasai tepat perlindungan mereka dan menemukan beberapa barang bukti.

Barang bukti tersebut adalah 3 lembar bendera bintang kejora, 1 buku cetak berjudul menuju Papua Baru oleh Dr Benny Giay, 4 buah kapak, 3 buah linggis, 4 buah parang, 1 buah palu dan 46 anak panah serta busur.

 

Video editor: Vila R



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x