Kompas TV nasional peristiwa

Menhub Geram di KRL Banyak Terjadi Penumpukan Penumpang, KCI: Kami Kesulitan Atur Terapkan Prokes

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 16:43 WIB
menhub-geram-di-krl-banyak-terjadi-penumpukan-penumpang-kci-kami-kesulitan-atur-terapkan-prokes
Ilustrasi padatnya penumpang Kereta Rel Listrik atau KRL saat turun dari kereta. (Sumber: Kompas.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Melihat adanya penumpukan penumpang kereta rel listrik (KRL) ditambah tidak adanya pengaturan jarak yang mengabaikan protokol kesehatan (prokes) membuat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi murka.

Bahkan Menhub turut menyemprot PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan mengangap operator KRL di Indonesia tersebut tidak profesional.

"Saya menilai PT KCI tidak profesional, sehingga terjadi penumpukan penumpang kereta api dan ini sangat tidak kita harapkan," kata Menhub, Budi Karya, saat melakukan pengecekan di Stasiun Mangarai, Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga: KAI Catat Penumpang KRL Jabodetabek Turun 9 Persen, KRL Yogya-Solo Turun 22 Persen

Budi Karya mengungkapkan PT KCI tidak profesional dalam menerapkan prokes secara ketat, khususnya dalam hal pengaturan jarak dan pemeriksaan antigen secara acak.

Menurutnya, ada lebih dari 70 penumpang di satu gerbong yang sama sehingga menimbulkan kerumunan dan berpotensi besar menyebarkan virus corona.

Ia pun memprediksi jumlah penumpang KRL pada akhir pekan besok akan meningkat menjadi 300.000 hingga 400.000 orang per hari.

Oleh karena itu, Menhub meminta penerapan protokol kesehatan harus segera dibenahi oleh PT KCI serta dijadikan pelajaran bagi pengelola moda transportasi lainnya.

"Saya perintahkan ke PT KCI agar kejadian serupa mulai besok Sabtu dan seterusnya tidak terulang lagi dan harus jalankan prokes ketat," tegas Budi Karya.

Baca Juga: KRL dan KA Lokal Dipastikan Tetap Beroperasi di Masa Libur Lebaran, Ini Jadwalnya

Mendapat teguran Sang Menteri, Vice President Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba, berjanji pihaknya akan melakukan perbaikan dalam mengatur penumpang agar menerapkan protokol kesehatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x