Kompas TV internasional kompas dunia

Pekerja Migran di Jeddah Tetap Sukacita Rayakan Lebaran, Meski Gaji Tidak Dibayar oleh Majikan

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 11:25 WIB
pekerja-migran-di-jeddah-tetap-sukacita-rayakan-lebaran-meski-gaji-tidak-dibayar-oleh-majikan
Warga shelter KJRI Jeddah yang merayakan lebaran di tengah penyelesaian permasalahan (Sumber: kemlu.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JEDDAH, KOMPAS.TV - Ada sekitar 65 pekerja migran yang tidak bisa pulang ke tanah air untuk merayakan Lebaran Idulfitri bersama keluarga, lantaran majikan tidak membayarkan gaji hingga berbulan-bulan.

Namun begitu, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sedang menyelesaikan permasalahannya di Jeddah, Arab Saudi, tetap merayakan Idulfitri dengan sukacita meski jauh dari keluarga.

Baca Juga: Cerita Warga Indonesia Jalani Lebaran di Tengah Tsunami Covid-19 India

Salah satu pekerja migran asal Cirebon mengungkapkan kisah sedih karena mendadak teringat keluarga di kampung halaman ketika mendengar takbir berkumandang.

Tahun ini niatnya pulang ke tanah air sementara diurungkan, sebab majikan belum juga membayar gaji selama 12 bulan.

“Saya merasa sedih lebaran jauh dari orang tua,” tutur perempuan asal Cirebon yang bekerja menjadi asisten rumah tangga (ART) di Thaif, Kamis (13/5/2021).

Selain pekerja migran asal Cirebon, ada juga ART yang bekerja di Tabuk, salah satu provinsi di Arab Saudi. Dirinya melaporkan tidak mendapatkan bayaran selama 14 bulan dari majikan atas kerjanya.

Permasalahan para pekerja migran ini sedang dalam penyelesaian KJRI Jeddah. Bahkan, dalam proses penyelesaian mereka dibolehkan untuk tinggal di shelter yang disediakan pihak KJRI.

Sama-sama tidak dapat pulang ke tanah air, 65 pekerja migran yang sedang menyelesaikan permasalahannya mengikuti perayaan Idulfitri di KJRI Jeddah dengan menikmati makanan khas Indonesia serta mendapat door prize.

Baca Juga: Pekerja Migran Rayakan Lebaran dengan Menyantap Hidangan Khas Indonesia di KJRI Jeddah

Diberitakan sebelumnya, KJRI Jeddah hadir untuk menjembatani kerinduan para pekerja migran terhadap Indonesia pada Idulfitri tahun ini.

“Sudah semestinya kita hadir di tengah-tengah saudara-saudara kita yang kurang beruntung ini, supaya mereka tidak sedih di saat yang lain bergembira. Mereka bagian dari keluarga kita,” ucap Konjen RI, Eko Hartono melalui keterangan tertulis, Kamis (13/5/2021).

Beberapa hidangan khas Indonesia yang disajikan antara lain opor ayam, bakso, sayur lodeh tahu, lontong, sambal goreng kentang dan hati, es buah, serta cemilan kacang telur.

Pihak KJRI menyatakan hidangan yang disajikan diharapkan dapat mengobati kerinduan para PMI terhadap kampung halaman masing-masing.

Baca Juga: Ucapan Idulfitri dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.