Kompas TV nasional agama

Menag: Spirit Silaturahmi Virtual dan Fisik Sama, Tidak Mengurangi Makna Sebenarnya

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 06:59 WIB
menag-spirit-silaturahmi-virtual-dan-fisik-sama-tidak-mengurangi-makna-sebenarnya
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas (Sumber: Dok. Kemenag)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan spirit dari silaturahmi secara fisik dan virtual adalah sama. Saling membuka diri meminta dan memberi maaf, dan mempererat hubungan persudaraan.

"Mungkin ada suasana kehangatan yang berkurang, misalnya kalau bertemu fisik bisa sambil guyon ditemani kopi dan teh sementara ini masih berjauhan karena virtual," sambungnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang, kata Yaqut, semua umat diingatkan dengan ajaran agama bahwa menyelamatkan nyawa sesama adalah prioritas utama.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Pemerintah Minta Operator Telekomunikasi Tingkatkan Layanan Silaturahmi Virtual

Bahkan, lanjut Yaqut, ibadah secara berjamaah pun disesuaikan agar upaya penyelamatan nyawa dapat terlaksana.

"Pandemi Covid 19 telah mempertajam pemahaman kita bahwa salah satu inti ajaran agama adalah menjaga nilai-nilai kemanusiaan," kata Yaqut.
 
Ia juga menegaskan bahwa meskipun bertemu keluarga atau kerabat dilaksanakan secara virtual, tidak akan mengurangi makna silaturahmi.   

"Silaturahmi dapat bermakna ketersambungan hubungan, relasi dan komunikasi. ini tentu tidak semata bermakna fisik. Sehingga mestinya tidak ada makna yang hilang dari silaturahmi virtual," jelas Yaqut seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (13/5/2021).

Baca Juga: Silaturahmi Secara Virtual, Ridwan Kamil Ingatkan Kepala Daerah se-Jabar soal Arus Balik

Umat Islam di Indonesia masih dalam suasana merayakan Idul Fitri setelah sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1442 H pada hari Kamis, 13 Mei 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x