Kompas TV internasional kompas dunia

Pengusaha Fesyen Jepang Ini Rencanakan Perjalanan Ke Luar Angkasa, Lalu ke Bulan

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 06:00 WIB
pengusaha-fesyen-jepang-ini-rencanakan-perjalanan-ke-luar-angkasa-lalu-ke-bulan
Yusaku Maezawa, CEO Zozo, binis pakaian ritel daring Jepang, mengumumkan rencana perjalanannya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebelum pergi ke Bulan pada Kamis (13/5/2021). Foto diambil pada 20 November 2018. (Sumber: P Photo/Koji Sasahara, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.TV – Pengusaha fesyen Jepang, Yusaku Maezawa (45), yang telah memesan perjalanan ke bulan menggunakan pesawat luar angkasa SpaceX, ternyata hendak menjajal perjalanan luar angkasa terlebih dahulu. Sebelum ke bulan, ia akan pergi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

“Saya akan pergi ke ISS dulu sebelum ke Bulan,” cuit Maezawa mengumumkan di Twitter pada Kamis (13/5/2021).

Melansir The Associated Press, Maezawa telah membeli dua kursi di kapsul Soyuz bikinan Rusia. Ia akan mengangkasa pada bulan Desember tahun ini selama misi 12 hari bersama seorang asisten produksinya dan seorang kosmonot profesional.

“Saya sangat penasaran, seperti apa sih kehidupan di luar angkasa?! Jadi, saya akan mencari jawabnya sendiri dan akan membagikannya pada dunia,” tutur Maezawa dalam sebuah pernyataan. 

Baca Juga: Sambut Astronot Baru SpaceX Crew Dragon, Stasiun Luar Angkasa Internasional Dipenuhi 11 Astronot

Maezawa akan menjadi orang pertama yang mengongkosi perjalanannya sendiri ke luar angkasa dalam kurun lebih dari satu dekade terakhir. Space Adventures, operator perjalanan luar angkasa yang berbasis di Virginia, Amerika Serikat (AS), yang menjadi perantara kesepakatan perjalanan Maezawa, menolak memberi rincian ongkos yang dibayar Maezawa. Perusahaan itu sendiri telah mengirim 7 turis ke luar angkasa sejak tahun 2001 hingga 2009.

Perjalanan Maezawa ke bulan menggunakan pesawat luar angkasa milik Elon Musk sendiri dijadwalkan berlangsung pada tahun 2023. Maezawa akan terbang di sekitar bulan – dan tidak mendarat – bersama 8 orang pemenang kontes perjalanan ke luar angkasa.

Baca Juga: Trending, Wisata Luar Angkasa Kini Bisa Dilakoni Siapapun yang Mampu Membayar, Anda Berminat?

Dalam perjalanan menuju ISS, lelaki yang mendirikan bisnis pakaian ritel daring ini akan ditemani oleh Yozo Hirano, fotografer sekaligus asistennya. Mereka akan didampingi oleh kosmonot Rusia Alexander Misurkin, yang telah berpengalaman tinggal di ISS selama hampir setahun dalam dua misi terpisah. Peluncuran kapsul Maezawa dijadwalkan berlangsung pada 8 Desember 2021 dari Kazakhstan.

Selain Maezawa, sejumlah tokoh lain pun berencana melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Lembaga Antariksa Rusia mengumumkan pada Kamis (13/5/2021) bahwa seorang aktris dan sutradara film Rusia juga akan meluncur ke ISS pada bulan Oktober untuk melakukan pengambilan gambar untuk film. Film itu direncanakan berjudul “Challenge”.

Baca Juga: Undian Penerbangan SpaceX Carteran Diumumkan, Akan Jadi Misi Ke Luar Angkasa Berawak Sipil Pertama

Pada Januari tahun depan, misi pertama ke ISS oleh AS akan membawa serta 3 pengusaha dari AS, Kanada dan Israel. Ketiga pengusaha itu dikabarkan membayar masing-masing sebesar sekitar USD 55 juta (atau sekitar Rp 787 miliar) untuk ongkos perjalanan mereka ke ISS.

Mereka akan menumpang kapsul SpaceX Dragon dari Pusat Luar Angkasa Kennedy dan akan didampingi oleh seorang mantan astronot NASA (lembaga antariksa AS) yang kini bekerja bagi Axiom Space yang berbasis di Houston, yang menjadi perantara kesepakatan misi luar angkasa itu. Asiom Space merencanakan sekitar dua misi lain ke ISS dalam setahun.

Sebelum mengunjungi ISS, SpaceX akan meluncurkan perjalanan dengan pesawat luar angkasa pertama dengan 4 penumpang di dalamnya, termasuk seorang pengusaha teknik Jared Isaacman, yang telah membeli misi itu. Mereka akan menghabiskan 3 hari mengorbit Bumi pada bulan September.

Baca Juga: Bagaimana Rasa Anggur yang Disimpan Setahun di Luar Angkasa? Ada Sensasi Terbakar dan …

“Ada kalimat yang tepat untuk menggambarkan apa yang kita alami sekarang,” ujar direktur penerbangan luar angkasa komersial NASA Phil McAlister. “Ini sungguh merupakan kebangkitan dalam sejarah penerbangan luar angkasa manusia di AS.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x