Kompas TV internasional kompas dunia

Ajaib, 2 Pesawat Bertabrakan di Udara tapi Berhasil Mendarat dengan Selamat

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 00:42 WIB
ajaib-2-pesawat-bertabrakan-di-udara-tapi-berhasil-mendarat-dengan-selamat
Sebuah pesawat Key Lime Air Metroliner yang kendati mengalami kerusakan parah di bagian ekor akibat bertabrakan dengan pesawat lain di udara, berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Centennial, Denver, AS, Rabu (12/5/2021). (Sumber: CBS Denver via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

DENVER, KOMPAS.TV – Dua pesawat kecil bertabrakan di udara di dekat Denver, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (12/5/2021) hingga membuat salah satu pesawat nyaris robek terbelah dua. Ajaibnya, kedua pesawat yang bertabrakan tersebut berhasil mendarat dengan selamat tanpa ada korban jiwa ataupun luka.

Melansir The Associated Press, Kamis (13/5/2021), kedua pesawat tersebut tengah bersiap untuk mendarat di sebuah bandara regional kecil di pinggiran Denver pada Rabu (12/5/2021) saat mereka bertabrakan di udara.

June Cvelbar, seorang warga setempat, menyaksikan peristiwa tabrakan itu saat tengah berjalan-jalan di taman kota, namun tak menyadarinya.

“Saya melihat dua pesawat di angkasa. Pesawat yang lebih besar, yang berwarna hijau, saya pikir pesawat penarik atau derek. Di belakangnya, ada pesawat lain yang saya pikir adalah pesawat layang yang ditarik pesawat hijau,” tuturnya pada KUSA TV. “Saya dengar suara keras, tapi tidak sadar bahwa kedua pesawat itu telah bertabrakan.”

Baca Juga: Usai Kecelakaan Pesawat di Denver, Pihak Boeing Larang Terbang Boeing 777

Pesawat hijau itu, kata Cvelbar, kemudian terbang menjauh dan tak lama setelahnya ia melihat pesawat yang lebih kecil mengembangkan parasutnya. Semula, Cvelbar mengira yang disaksikannya adalah pesawat yang tengah berlatih.

“Saat saya sadar bahwa pesawat yang lebih kecil itu akan jatuh, saya segera berlari ke arahnya. Ada pilot dan penumpang di dalam pesawat itu,” kata Cvelbar.

Baca Juga: Kecelakaan Pesawat di Meksiko, 85 Penumpang Berhasil Selamat

Sebuah pesawat Key Lime Air Metroliner yang kendati mengalami kerusakan parah di bagian ekor akibat bertabrakan dengan pesawat lain di udara, berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Centennial, Denver, AS, Rabu (12/5/2021). (Sumber: CBS Denver via AP)

Shelly Whitehead, seorang saksi mata yang lain juga berbagi kesaksian. Shelly tengah berada di dapurnya saat ia mendengar suara ledakan keras seperti bunyi petasan. Ia segera berlari ke luar rumah dan melihat bahwa sebuah parasut tengah melayang mendekati sebuah lapangan di belakang rumahnya.

“Pikir saya waktu itu, 'Apa ada seseorang yang melompat keluar dari pesawat?' Ternyata pesawatnya yang berparasut,” ujarnya seperti dikutip dari KCNC-TV. “Waktu itu saya yakin, mereka tidak akan selamat.”

Pesawat bermesin tunggal Cirrus SR22 yang bertabrakan dengan pesawat kargo Key Lime Air Metroliner di udara, berhasil mengembangkan parasut dan mendarat dengan selamat di dekat sebuah perumahan di Denver, Amerika Serikat (AS), Rabu (12/5/2021). (Sumber: CBS Denver )

Pesawat berparasut merah dan putih itu berhasil mendarat dengan selamat di dekat sebuah lapangan dekat perumahan di Cherry Creek State Park, Denver. Seorang pilot dan seorang penumpang yang ada dalam pesawat bermesin tunggal Cirrus SR22 itu, selamat.

Baca Juga: Komite Investigasi Selidiki Kecelakaan Pesawat Sukhoi yang Tewaskan 41 Orang

Sementara, kendati mengalami kerusakan parah di bagian ekornya, pesawat hijau yang hanya berisi seorang pilot itu berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Centennial. Pesawat Key Lime Air Metroliner yang nyaris robek terbelah dua akibat tabrakan itu dimiliki oleh perusahaan pesawat kargo Key Lime Air yang berbasis di Colorado.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS pun segera mengirimkan sejumlah petugasnya untuk menyelidiki insiden itu.

“Saya tidak ingat pernah menyaksikan peristiwa semacam ini, terutama karena semuanya berhasil selamat,” ucap Wakil Sherif Arapahoe County dengan takjub. “Ini sungguh ajaib!”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.