Kompas TV kolom catatan jurnalis

Menebak Isi Pertemuan Jokowi-Hendropriyono, Mungkinkah Terkait Posisi Panglima TNI?

Kamis, 13 Mei 2021 | 21:16 WIB
menebak-isi-pertemuan-jokowi-hendropriyono-mungkinkah-terkait-posisi-panglima-tni
Presiden Jokowi menerima kunjungan Hendropriyono bersama istri. (Sumber: Instagram Diaz Hendropriyono)

Oleh: Martian Damanik, Executive Producer KompasTV

Di antara hiruk pikuk berita tentang larangan mudik, terselip sebuah pertemuan di Istana Negara, tanggal 7 Mei lalu. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) 2001-2004 AM Hendropriyono menemui Presiden Joko Widodo. Pertemuan itu bertepatan dengan ulang tahun ke-76 Hendropriyono yang datang bersama istri.


Adanya pertemuan itu baru diketahui publik, setelah putra Hendropriyono yang juga staf khusus presiden, Diaz, mengunggah foto di akun media sosial. Wartawan yang biasa meliput di lingkungan istana baru mengetahui adanya pertemuan setelah muncul di sejumlah media online dan media sosial. Belakangan diketahui, wartawan tidak diberitahu dan tidak masuk dalam agenda resmi Presiden, tetapi agenda internal.

Tentu saja tak ada keterangan yang diperoleh dari presiden maupun Hendropriyono. Sebab setelah pertemuan, ketiganya cuma berfoto. Unggahan Diaz Hendropriyono tidak mengungkap apa isi pertemuan.

“Opa Edo (sapaan Hendropriyono) dan Oma Taty pagi ini diterima oleh Presiden Joko Widodo. Selamat ulang tahun Opa Edo (7 Mei 2021),” tulis Diaz.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin pun tidak bisa menjelaskan isi pertemuan itu. Dia menyebut pertemuan Jokowi-Hendropriyono adalah membangun silaturahim intensif sesama kerabat dan handai taulan sebagai amalan terpenting 10 hari terakhir bulan Ramadan.

“Kita juga harus tetap berbaik sangka atas pertemuan Bapak dan Ibu Prof AM Hendropriyono bersama Bapak Presiden,” begitu kata Ngabalin.

Ini berbeda dengan pertemuan sebelum-sebelumnya, yang masuk agenda presiden dan diketahui wartawan. Misalnya pertemuan tanggal 28 Agustus 2019, Hendropriyono mengaku bertukar pikiran dengan Presiden Jokowi, salah satunya mengenai mobil nasional.

Karena tidak ada pernyataan resmi, publik pun hanya bisa menduga-duga saja apa isi pertemuan dan pembicaraan. Istilahnya kalau di panggung depan, seperti diungkap Ali Mochtar Ngabalin, pertemuan itu hanya silaturahmi. Tapi kalau di panggung belakang, tidak ada tahu.

Kalau dilihat dari keahlian Hendropriyono dalam bidang intelijen dan operasi militer, bisa saja Presiden Jokowi meminta masukan soal aksi kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua. Bisa pula, sebagai tokoh senior Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), tak tertutup kemungkinan Hendropriyono memberi saran tentang politik terkini. Menariknya, tiga hari setelah pertemuan, Diaz Hendropriyono justru mengumumkan pengunduran diri dari jabatan ketua umum PKPI.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19