Kompas TV regional peristiwa

Demi Tugas Kemanusiaan, Tim SAR Rayakan Lebaran di Sungai

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 15:00 WIB
demi-tugas-kemanusiaan-tim-sar-rayakan-lebaran-di-sungai
Anggota Tim SAR di Pos SAR Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) sebelum melakukan pencarian korban yang hanyut di Sungai Taluak Subanio, Kamis (13/5/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/PERDANA PUTRA)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

PADANG, KOMPAS.TV - Cerita perayaan Lebaran yang berbeda dari kebanyakan orang, datang dari seorang anggota Tim SAR, Robi Syahputra (36) yang tengah bertugas di Pos SAR Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Robi mesti menjalankan tugas kemanusiaan di tengah suasana suka cita hari raya, lantaran ada tiga orang pemudik hanyut dari perahu yang terbalik di Sungai Taluak Subanio, Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: 4 Ribu Pemudik Positif Covid-19, Ini Respons Kapolri Listyo Sigit Cegah Penambahan Kasus

"Panggilan tugas. Tadi pagi kami apel dan langsung ke lokasi melakukan pencarian korban," kata Robi, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (13/5/2021).

Demi tugas mulia ini, Robi rela tidak menjalankan ibadah salat Idulfitri secara berjamaah dan menunda waktu bersilaturahmi bersama keluarga, meski rasa sedih dan kecewa sempat menghampirinya.

"Kalau dibilang sedih, tentu iya. Tapi ini tugas mulia dan (saya) sangat senang menjalaninya," kata Robi.

Baca Juga: Akui Sulit Bendung Pemudik, Dirlantas Polda Metro: Tak Mungkin Kita Dorong, Mereka Bukan Unjuk Rasa

Robi yang sedari pagi sudah bersiap diri, setelah mendapat panggilan tugas, dengan segera melakukan pencarian korban menggunakan perahu nelayan karena speedboat tidak bisa digunakan.

"Kondisi sungai tidak memungkinkan (pencarian) dengan menggunakan speedboat. Kami kemusia menggunakan perahu nelayan," ujar Robi.

Dalam pencarian tersebut, Robi berharap seluruh korban dapat segera ditemukan sehingga dirinya bersama petugas yang lain bisa segera berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga: Sosok Pria yang Ngaku Mudik Jalan Kaki Gombong ke Bandung Diungkap Sang Ibu: Kerap Buat Masalah

Sebelumnya, dikabarkan sebuah perahu yang ditumpangi 4 pemudik asal Riau mengalami kecelakaan di Sungai Taluak Subanio.

Salah seorang penumpang yang selamat, RR (20) kemudian melaporkannya ke Pemadam Kebakaran Kapur IX dan menyebut tiga temannya tenggelam dalam kejadian tersebut.

"Mereka hendak mudik menggunakan perahu dari Kampar Riau ke Limapuluh Kota, Sumbar. Namun, perahunya terbalik," kata Kepala SAR Padang Asnedi saat dihubungi, Rabu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x