Kompas TV nasional sosok

Lebaran di Rumah Dinas, Mahfud MD Curhat Harus Tunda Sungkeman ke Ibu

Kamis, 13 Mei 2021 | 17:19 WIB
lebaran-di-rumah-dinas-mahfud-md-curhat-harus-tunda-sungkeman-ke-ibu
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD melaksanakan salat Ied di rumah dinasnya, Kamis (13/5/2021) (Sumber: Instagram Mahfud MD)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kita semua memahami bahwa pada suasana Lebaran, pasti menyimpan rasa rindu terhadap orang tua dan keluarga di kampung halaman.

Namun, perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah kali ini kembali dihadapkan pada situasi untuk menahan diri dalam menjaga mobilitas dari tradisi mudik. Hal ini demi menjaga orang-orang tersayang dari keterpaparan Covid-19.

Begitu juga seperti yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.

Melalui akun Instagram-nya pada Kamis (13/5/2021), Mahfud mengungkapkan Lebaran tahun ini dia harus kembali menunda pulang kampung dan sungkem ke ibunya di Pulau Garam, Sampang, Madura.

"Dalam tradisi masyarakat Madura, suasana Lebaran tepatnya usai melaksanakan salat Ied, biasanya dimanfaatkan untuk sungkeman dan berkumpul dengan keluarga. Tapi karena masih dalam suasana pandemi Covid, kita harus menunda sungkem ke ibu dan merayakan Lebaran bersama keluarga seperti dalam kondisi normal," tulis Mahfud.

Baca juga: Ucapkan Selamat Idulfitri, Anies Baswedan Ajak Silaturahmi Manfatkan Teknologi Virtual

Pelaksanaan sholat Ied di rumah Dinas Mahfud digelar secara terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud Salat Ied bersama istri, anak dan beberapa staf serta ajudan.

Mahfud berpesan, tanpa mengurangi semangat silaturahmi masyarakat dapat meminimalisir mobilitas dan kerumunan agar pandemi Covid-19 cepat berlalu.

"Sesuai dengan anjuran lemerintah, mari kita sama-sama menjaga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mudah-mudahan Allah selalu melindungi dan memberi kesehatan bagi kita semua," kata Mahfud.

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19