Kompas TV video sinau

Sering Salah Diartikan, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin yang Sebenarnya

Kamis, 13 Mei 2021 | 19:13 WIB

Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selamat Hari Raya Idulfitri, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin adalah ucapan yang biasa diucapkan saat lebaran.

Tapi, apa arti dari kalimat minal aidin wal faizin? Banyak masyarakat yang mengira kalimat tersebut memiliki arti mohon maaf lahir dan batin. 

Minal aidin wal faizin sebenarnya adalah potongan dari doa ja’alanallah minal aidin wal faizin, yang artinya 'semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan'. Kembali yang dimaksud adalah kembali kepada fitrah di hari Idulfitri.

Meski artinya bukan "maaf lahir batin", tidak ada salahnya kalimat minal aidin wal faizin diikuti dengan kata permintaan maaf. 

Selain itu masyarakat muslim dunia biasanya juga menggunakan kalimat Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim. 

Kalimat ini digunakan untuk mendoakan sesama umat Islam agar puasanya diterima. Ungkapan ini juga telah ada sejak zaman sahabat Nabi Muhammad SAW.

Video editor: Noval

Baca Juga: Ucapan Idulfitri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Istri


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x