Kompas TV internasional kompas dunia

Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Daftarkan Diri Menjadi Donor Organ Tubuh

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 05:51 WIB
raja-salman-dan-putra-mahkota-arab-saudi-daftarkan-diri-menjadi-donor-organ-tubuh
Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman mendaftarkan diri dalam program donor organ untuk kemanusiaan, demikian dilaporkan Kantor Pers Saudi pada Selasa, (11/05/2021) seperti dilansir Arab News, Rabu, (12/05/2021). (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo

RIYADH, KOMPAS.TV - Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman mendaftarkan diri dalam program donor organ untuk kemanusiaan, demikian dilaporkan Kantor Pers Saudi pada Selasa, (11/05/2021) seperti dilansir Arab News, Rabu, (12/05/2021).

Menyusul tindakan Raja Salman dan Putra Mahkota, keluarga kerajaan dan para bangsawan Arab Saudi berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi donor organ tubuh. 

"Tindakan yang tidak mengejutkan ini datang dari Raja dan Putra Mahkota sebagai perhatian besar yang diterima pasien dengan kegagalan organ tubuh, dan sebagai dorongan dari pimpinan bagi semua warga dan penduduk untuk mendaftar dalam program donasi organ," kata pernyataan itu.

Program donor organ tubuh, bagian dari Pusat Transplantasi Organ Saudi, "sangat penting karena memberikan harapan kepada pasien yang hidupnya bergantung pada transplantasi organ baru".

Raja Salman menjadi pionir pendirian Pusat Transplantasi Organ Saudi - sebelumnya dikenal sebagai Pusat Transplantasi Ginjal Nasional - untuk meringankan penderitaan dari meningkatnya jumlah pasien gagal ginjal.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Pastikan Ibadah Haji Bisa Dilakukan Tahun Ini dengan Sejumlah Aturan

Umat Muslim mengitari Kabah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). (Sumber: Kompas.com)

Lingkaran donor organ kemudian diperluas hingga mencakup semua pasien yang mengalami kegagalan organ tahap akhir, dan memberikan harapan kepada pasien yang berada dalam daftar tunggu, yang kesembuhannya bergantung pada organ baru, seperti jantung, hati, ginjal, paru-paru dan lain-lain.

“Inisiatif raja dan putra mahkota untuk mendaftar dalam program donor organ merupakan sikap kepedulian terhadap pasien pada tahap akhir kegagalan organ, serta salah satu bentuk solidaritas terpenting yang diketahui masyarakat Saudi,” kata pernyataan itu. .

Ini juga datang sebagai dukungan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan efisiensi sektor medis dalam melakukan operasi kompleks ini, dan berkontribusi dalam meningkatkan tingkat keberhasilannya di masa depan.

Menyusul Raja Salman dan Putra Mahkota, pejabat tinggi lainnya langsung mendaftar dan mengikuti program donasi organ tubuh.

Di antara mereka yang mendaftar, menurut SPA, adalah Pangeran Saud bin Nayef bin Abdulaziz, gubernur Wilayah Timur; Pangeran Faisal bin Khalid bin Sultan bin Abdulaziz, gubernur Wilayah Perbatasan Utara; Pangeran Dr. Hussam bin Saud bin Abdulaziz, gubernur Al-Baha; dan Pangeran Faisal bin Nawwaf bin Abdulaziz, gubernur Al-Jouf.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x