Kompas TV internasional kompas dunia

Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Daftarkan Diri Menjadi Donor Organ Tubuh

Kamis, 13 Mei 2021 | 05:51 WIB
raja-salman-dan-putra-mahkota-arab-saudi-daftarkan-diri-menjadi-donor-organ-tubuh
Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman mendaftarkan diri dalam program donor organ untuk kemanusiaan, demikian dilaporkan Kantor Pers Saudi pada Selasa, (11/05/2021) seperti dilansir Arab News, Rabu, (12/05/2021). (Sumber: Arab News)

RIYADH, KOMPAS.TV - Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman mendaftarkan diri dalam program donor organ untuk kemanusiaan, demikian dilaporkan Kantor Pers Saudi pada Selasa, (11/05/2021) seperti dilansir Arab News, Rabu, (12/05/2021).

Menyusul tindakan Raja Salman dan Putra Mahkota, keluarga kerajaan dan para bangsawan Arab Saudi berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi donor organ tubuh. 

"Tindakan yang tidak mengejutkan ini datang dari Raja dan Putra Mahkota sebagai perhatian besar yang diterima pasien dengan kegagalan organ tubuh, dan sebagai dorongan dari pimpinan bagi semua warga dan penduduk untuk mendaftar dalam program donasi organ," kata pernyataan itu.

Program donor organ tubuh, bagian dari Pusat Transplantasi Organ Saudi, "sangat penting karena memberikan harapan kepada pasien yang hidupnya bergantung pada transplantasi organ baru".

Raja Salman menjadi pionir pendirian Pusat Transplantasi Organ Saudi - sebelumnya dikenal sebagai Pusat Transplantasi Ginjal Nasional - untuk meringankan penderitaan dari meningkatnya jumlah pasien gagal ginjal.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Pastikan Ibadah Haji Bisa Dilakukan Tahun Ini dengan Sejumlah Aturan

Umat Muslim mengitari Kabah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). (Sumber: Kompas.com)

Lingkaran donor organ kemudian diperluas hingga mencakup semua pasien yang mengalami kegagalan organ tahap akhir, dan memberikan harapan kepada pasien yang berada dalam daftar tunggu, yang kesembuhannya bergantung pada organ baru, seperti jantung, hati, ginjal, paru-paru dan lain-lain.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:53
AC MILAN TUMBANGKAN TORINO 7-0 PADA LAGA PEKAN KE-36 LIGA ITALIA   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN MINTA SELURUH DUNIA PERLU MEMBERIKAN PELAJARAN KEPADA ISRAEL   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN DAN PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN BAHAS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA LEWAT TELEPON   INDIA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA INDONESIA ATAS KIRIMAN BANTUAN BERUPA 200 OKSIGEN KONSENTRATOR   SATGAS SEBUT KASUS POSITIF COVID-19 DI SUMATERA NAIK, SEMENTARA DI JAWA MENURUN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT MALAM TAKBIRAN DI JAKARTA BERJALAN AMAN TANPA KERUMUNAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN UCAPKAN TERIMA KASIH UNTUK WARGA JABODETABEK YANG MEMILIH TIDAK MUDIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: “CROWD FREE NIGHT” BUKAN HANYA DI SUDIRMAN-THAMRIN, MELAINKAN DI SELURUH WILAYAH JAKARTA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BERLAKUKAN “CROWD FREE NIGHT” ATAU MALAM BEBAS KERUMUNAN SAAT MALAM TAKBIRAN   KRL YOGYAKARTA-SOLO TETAP BEROPERASI SELAMA LIBUR LEBARAN MULAI PUKUL 05.00-19.10 WIB   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS INGATKAN UMAT ISLAM UNTUK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT IDUL FITRI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PREDIKSI ARUS BALIK LEBARAN AKAN TERJADI PADA TANGGAL 16 DAN 17 MEI   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA SUDAH MENCAPAI 8.918.784 ORANG   HINGGA 12MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.728.204 ORANG, 1.584.878 SEMBUH, DAN 47.617 MENINGGAL DUNIA