Kompas TV internasional kompas dunia

Mesir Temukan 250 Makam Kuno Kerajaan Lama dan Dinasti Ptolemaik di Wilayah Sohag

Kamis, 13 Mei 2021 | 04:58 WIB
mesir-temukan-250-makam-kuno-kerajaan-lama-dan-dinasti-ptolemaik-di-wilayah-sohag
Foto yang diabadikan pada 11 Mei 2021 ini menunjukkan tulang hewan yang digali dari makam batu di sebuah daerah pegunungan di Provinsi Sohag, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

KAIRO, KOMPAS.TV - Sebuah misi arkeologi Mesir menemukan 250 makam batu yang berasal dari periode berbeda di Kerajaan Lama dan Dinasti Ptolemaik. 

Pengumuman itu disampaikan Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir pada Selasa (11/05/2021) seperti dilansir Xinhua, Rabu, (12/05/2021).

"Makam-makam itu ditemukan di daerah pegunungan di timur Provinsi Sohag, Mesir Hulu," kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Kepurbakalaan Tertinggi (Supreme Council of Antiquities/SCA) Mesir.

Dia menjelaskan makam Kerajaan Lama yang berasal dari periode 2700-2200 SM tersebut terdiri dari pintu masuk menuju sebuah sumur dan sebuah ruang pemakaman.

Pemimpin SCA itu menambahkan bahwa simbol hieroglif dan gambar orang yang meninggal serta orang-orang yang memberikan pengorbanan terukir di makam tersebut.

Sejumlah gerabah kecil bercat kuning, cermin, sisa-sisa tulang manusia dan hewan, serta batu kapur yang bertuliskan mantra ritual juga ditemukan, ungkapnya.

Baca Juga: Penemuan Mumi Perempuan Hamil Pertama dari Mesir Kuno, Sebelumnya Dikira Pendeta Pria

Foto yang diabadikan pada 11 Mei 2021 ini menunjukkan peninggalan budaya yang digali dari makam batu di sebuah daerah pegunungan di Provinsi Sohag, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:14
PRESIDEN BARCELONA JOAN LAPORTA: LIONEL MESSI DIPASTIKAN BERTAHAN DI BARCELONA MUSIM DEPAN    TAJ MAHAL INDIA KEMBALI DIBUKA DENGAN PENERAPAN PROKES KETAT, PENGUNJUNG DIBATASI HANYA 650 ORANG   HASIL UJI COBA FASE AKHIR VAKSIN COVID-19 BUATAN BIOTEKNOLOGI JERMAN, CUREVAC, HANYA EFEKTIF 47%   QATAR IZINKAN 80% PEGAWAI SEKTOR PUBLIK DAN SWASTA KEMBALI BEKERJA DI KANTOR MULAI 18 JUNI 2021   JUMLAH PASIEN POSITIF COVID-19 DARI KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 52 ORANG   AS KEMBALI MEMBELI LEBIH DARI 200 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 BUATAN MODERNA   BPBD MALUKU TENGAH: 7.227 WARGA MENGUNGSI AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   GUBERNUR JABAR AKAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR DI RS HINGGA 40% JIKA PENYEBARAN COVID-19 MAKIN MEMBURUK   KOTA BOGOR KEMBALI BERLAKUKAN SISTEM GANJIL-GENAP AKHIR PEKAN INI GUNA TEKAN LAJU PENYEBARAN COVID-19   KADIN INDONESIA PASTIKAN TENAGA KERJA ASING BISA MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 GOTONG ROYONG   KEMENKOMINFO: TENGGAT PELUNASAN TUNGGAKAN BHP FREKUENSI PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA HINGGA 31 JULI 2021   TOTAL TUNGGAKAN BHP FREKUENSI PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA PER 1 JUNI 2021 SEBESAR RP 442 M   PEMERINTAH TUNGGU PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA LUNASI TUNGGAKAN TAGIHAN BHP FREKUENSI RADIO   MENDIKBUD-RISTEK NADIEM MAKARIM: PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS STOP JIKA ADA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO