Kompas TV nasional hukum

Anita Wahid Heran, Gusdurian Seperti Tata Khoiriyah Tak Lolos TWK KPK: Dia Komitmen Rawat Kebangsaan

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 00:45 WIB
anita-wahid-heran-gusdurian-seperti-tata-khoiriyah-tak-lolos-twk-kpk-dia-komitmen-rawat-kebangsaan
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Sumber: kpk.go.id)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Staf humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tata Khoiriyah, merupakan salah satu dari 75 pegawai KPK yang dinyatakan tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk beralih jadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebab itulah, Tata bersama 74 pegawai lainnya dibebastugaskan atau dinonaktifkan berdasarkan Surat Keputusan pimpinan KPK Nomor 652 Tahun 2021.

Baca Juga: Dinonaktifkan, Direktur KPK Tantang 4 Pimpinan Gunakan Hati Nurani

Putri Presiden Abdurachman Wahid atau Gus Dur, Anita Wahid, turut menanggapi terkait tidak lolosnya Tata Khoiriyah dalam mengikuti TWK KPK.

Anita mengaku tahu betul soal Tata yang merupakan seorang GUSDURian. Ia dikenal aktif dan konsisten merawat warisan nilai kebangsaan dari seorang Gus Dur.

Anita melanjutkan, selain sebagai aktivis GUSDURian, Tata juga pernah menjadi asisten personal Alissa Wahid sebelum akhirnya bergabung ke KPK.

"Tata adalah seorang GUSDURian. Dulu ia adalah asisten pribadi mbak Alissa," kata Anita Wahid yang dikutip dari situs resmi GUSDURian pada Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: BW Sebut SK Penonaktifan 75 Pegawai KPK Bertentangan dengan Putusan MK: Ini Pelanggaran HAM

Anita mengungkapkan, Tata merupakan wanita yang berasal keluarga kiai yang sejak dulu aktif di lembaga Nahdlatul Ulama atau NU.

"Jadi kalau urusan qunut saja sih (yang kayanya segitu pentingnya sampai harus ditanyain di TWK) nggak usah ditanya lagi deh. Sejak muda Tata aktif di NU," ujarnya.

"Karena itu, secara kultural praktik-praktik ke-NU-an sudah mendarah daging buatnya."

Selain itu, Anita menambahkan, komitmen Tata terhadap toleransi dan kebebasan beragama juga sangat kuat, yang pada akhirnya membawa dia pada Jaringan GUSDURian.

Baca Juga: Direktur KPK Sebut Pegawai yang Tak Lolos TWK Pernah Periksa Firli Bahuri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.