Kompas TV religi beranda islami

Khutbah Idul Fitri 1442 Hijriyah, Mei 2021

Kamis, 13 Mei 2021 | 05:01 WIB

Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. 

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, segala puji bagi-Nya."

Tujuan ibadah utama ibadah puasa Ramadhan adalah untuk menggapai takwa, sebagaimana dijelaskan di dalam ayat yang berbunyi,

“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Sehingga pakaian takwa itulah yang terbaik, bukanlah pakaian lahiriyah lainnya. Sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni,

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik.” (QS. Al A’raf: 26).

Namun masih banyak yang lebih mementingkan pakaian lahiriyah saja yang hanya nampak agar cantik dan menawan. Inilah yang dipraktekkan serta diujikan kepada kaum muslimin di hari lebaran ini, terutama di hari kemenangan mereka, di hari Idul Fithri.

Sedangkan selain hal itu Allah Ta’ala berfirman,

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (QS. An Nisa’: 31)

 

Wallahu 'alam bis shawab


 

Penulis : Agung Pribadi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:49
MENSOS TRI RISMAHARINI KUNJUNGI BALAI ANAK ANTASENA MAGELANG PASTIKAN PELAYANAN PRIMA DI AKHIR PEKAN    CALON PESERTA YANG INGIN MENDAFTAR KARTU PRAKERJA BISA MELALUI SITUS HTTPS://PRAKERJA.GO.ID   PENDAFTARAN PROGRAM KARTU PRAKERJA GELOMBANG KE-17 DIBUKA MULAI HARI INI   WAKIL KETUA KOMISI X DPR DEDE YUSUF USULKAN PEMERINTAH TERBITKAN SKB TERKAIT PENGAWASAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA    KEMDIKBUD: PEMBELAJARAN TATAP MUKA ATAU PEMBUKAAN SEKOLAH PERLU DIDORONG UNTUK HINDARI “LEARNING LOSS” PADA SISWA    KPCPEN: KARANTINA 14 HARI ATAU 14X24 JAM HANYA BERLAKU BAGI PELAKU PERJALANAN DARI INDIA   KEMENHUB TARGETKAN INDONESIA BEBAS TRUK BERMUATAN MELEBIHI BATAS PADA 2023   KEMENHUB: 1.000 UNIT TRUK BERMUATAN MELEBIHI BATAS DINORMALISASI SEJAK MARET 2021 DI BERBAGAI WILAYAH    HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA, GUBERNUR ANIES BASWEDAN IMBAU WARGA PADAMKAN LAMPU MALAM INI SELAMA 1 JAM   KEMENHUB: ANGKUTAN JALAN MASIH JADI PILIHAN KEGIATAN LOGISTIK DENGAN MODA BERBAGI SEBESAR 90,4%   KEMENHUB: NEGARA RUGI RP 43 TRILIUN DALAM SETAHUN AKIBAT TRUK BERMUATAN LEBIH BATAS BEBAN YANG DITETAPKAN (ODOL)    DINKES KOTA DEPOK GENCARKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 BAGI WARGA YANG BAWA LANSIA KE PUSKEMAS UNTUK DIVAKSINASI   DINKES: PROGRES VAKSINASI COVID-19 BAGI WARGA LANSIA DI KOTA DEPOK MASIH DI BAWAH 20 PERSEN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: DI MASA PANDEMI, PERTANIAN SEMAKIN TANGGUH DAN EKSPOR TERUS MENINGKAT