Kompas TV religi beranda islami

Khutbah Idul Fitri 1442 Hijriyah, Mei 2021

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 05:01 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. 

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, segala puji bagi-Nya."

Tujuan ibadah utama ibadah puasa Ramadhan adalah untuk menggapai takwa, sebagaimana dijelaskan di dalam ayat yang berbunyi,

“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Sehingga pakaian takwa itulah yang terbaik, bukanlah pakaian lahiriyah lainnya. Sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni,

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik.” (QS. Al A’raf: 26).

Namun masih banyak yang lebih mementingkan pakaian lahiriyah saja yang hanya nampak agar cantik dan menawan. Inilah yang dipraktekkan serta diujikan kepada kaum muslimin di hari lebaran ini, terutama di hari kemenangan mereka, di hari Idul Fithri.

Sedangkan selain hal itu Allah Ta’ala berfirman,

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (QS. An Nisa’: 31)

 

Wallahu 'alam bis shawab


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.