Kompas TV nasional sosial

1.024 Petugas Gabungan Diterjunkan Guna Cegah Kerumunan Malam Takbiran di DKI Jakarta

Rabu, 12 Mei 2021 | 17:49 WIB
1-024-petugas-gabungan-diterjunkan-guna-cegah-kerumunan-malam-takbiran-di-dki-jakarta
Ilustrasi takbiran keliling malam lebaran Idul Fitri (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 1.024 personel gabungan dari unsur kepolisian, TNI dan Pemprov DKI Jakarta akan bersiaga mengamankan jalannya malam takbir Idul Fitri 1442 H dari kerumunan.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menjelaskan, 1.024 personel gabungan tersebut akan disebar di 20 titik pos pengamanan di wilayah DKI Jakarta.

Fadil menambahkan pelaksanaan pengamanan malam takbir ini akan dibagi menjadi dua strategi. Pertama pada pukul 18.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB petugas kita akan melaksanakan pola filterisasi kendaraan.

Baca Juga: Pemprov DKI Larang Kegiatan Takbir Keliling di Malam Takbiran Demi Cegah Kerumunan

“Kendaraan yang hendak melaksanakan takbir keliling diberikan pengarahan diberikan edukasi dan diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing,” ujar Fadil Imran saat Apel Pengamanan Malam Takbiran Berskala Besar di Polda Metro Jaya, Rabu (12/5/2021).

Strategi kedua yakni menerapkan konsep crowd free night mulai pukul 22.00 WIB.

Saat pelaksanaan crowd free night aktivitas yang tidak memiliki kepentingan, tidak dapat menunjukan alasan yang tepat dan dapat timbulkan kerumunan akan ditindak petugas dan diminta untuk kembali ke rumah masing-masing.

“Semua ini bertujuan untuk menjaga kita dalam merayakan Hari Raya Idulfitri namun tetap sehat walafiat,” ujar Fadil Imran.

Baca Juga: Masa Siaga Lebaran, PLN Prediksi Beban Puncak Malam Takbiran Capai 20.000 Megawatt

Fadil juga mengimbau masyarakat untuk merayakan malam takbir di rumah masing-masing dan tidak perlu turun ke jalan.

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Zikir yang Paling Disukai Allah

Kamis, 16 September 2021 | 16:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19