Kompas TV regional agama

Dibatasi 2000 Jemaah, Besok Masjid Agung At-Tin Siap Gelar Salat Idulfitri

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 15:45 WIB
dibatasi-2000-jemaah-besok-masjid-agung-at-tin-siap-gelar-salat-idulfitri
Masjid Agung At-Tin yang berada di dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid Agung At-Tin Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta TImur, menyelenggarakan salat Idurlfitri 1442 Hijriah dengan jumlah jemaah yang dibatasi maksimal 2.000 orang.

Kepala Bidang Peribadatan Masjid Agung At-Tin, Karnali mengatakan jumlah jemaah dibatasi guna meminimalisir potensi penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi.

Pengurus Masjid bekerjasama dengan kepolisian untuk mengawasi jemaah yang akan menunaikan salat Idulfitri.

Baca Juga: Hal yang Dilakukan Nabi Muhammad sebelum Salat Idulfitri

"Jumlah jemaah dibatasi 2.000 orang sudah disosialisasikan dengan memasang spanduk di area Masjid Agung At-Tin. Pihak kepolisian akan turut membantu menertibkan pelaksanaan salat Idul Fitri nanti," kata Karnali kepada wartawan, Rabu (12/5/2021).

Dalam kondisi normal, Masjid Agung At-Tin mampu menampung jemaah hingga 20.000 orang untuk salat Idulfitri.

Jauh sebelum pelaksanaan, Masjid At-Tin bahkan sudah ditinjau langsung oleh Satgas Penanganan Covid-19 terkait persiapan pelaksanaan salat Idulfitri. Pengurus Masjid telah mempersiapkan antara lain keperluan protokol kesehatan secara ketat terutama jaga jarak, menyediakan cuci tangan, dan imbauan tidak berkerumun.

Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Masjid Istiqlal Tidak Mau Gelar Salat Idulfitri 1 Syawal 1442 H

"Insyaallah dilaksanakan jika tidak ada larangan dari pemerintah. Masjid Agung At-Tin sudah ditinjau oleh Satgas COVID-19, dari Kapolsek dan Kapolres Jakarta Timur," pungkas dia.

Seperti diketahui, Masjid Istiqlal menyatakan tidak menyelenggarakan salat Idulfitri 2021 secara berjamaah. Keputusan pengelola masjid bahkan diapresiasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan keputusan tersebut sejalan dengan keputusan seluruh Kepala Daerah Jabodetabek-Cianjur yang menyepakati ibadah salat Idulfitri di rumah atau di halaman. Jika tidak memungkinkan, ibadah bisa dilaksanakan di masjid setempat dengan penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Anies Baswedan Apresiasi Keputusan Pengelola Masjid Istiqlal yang Tidak Gelar Salat Idulfitri 1442 H



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x