Kompas TV internasional kompas dunia

Ahmadinejad Akan Kembali Maju Jadi Calon Presiden Iran

Rabu, 12 Mei 2021 | 14:54 WIB
ahmadinejad-akan-kembali-maju-jadi-calon-presiden-iran
Mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad kembali mendaftarkan diri sebagai calon presiden Iran, Rabu, 12 Mei 2021, di Tehran, Iran. (Sumber: Associated Press)

TEHRAN, KOMPAS.TV - Televisi pemerintah Iran melaporkan pada Rabu (12/5/2021) bahwa mantan presiden Mahmoud Ahmadinejad akan kembali mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Iran pada Juni mendatang.

Hari ini Ahmadinejad dilaporkan telah berbaris bersama para pendukungnya ke pusat pendaftaran di Kementerian Dalam Negeri. Ia mengisi formulir pendaftaran untuk maju menjadi calon presiden.

Ahmadinejad sebelumnya telah dilarang mencalonkan diri sebagai presiden oleh Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei pada tahun 2017. Meskipun demikian, dia pada saat itu tetap mendaftar, meskipun pada akhirnya didiskualifikasi.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Rilis Tangkapan Sabu 310 Kilogram Diduga Berasal dari Iran

Khamenei mengatakan dia tidak akan menentang pencalonan salah satu kandidat, meskipun dewan pemilihan masih dapat memblokir pencalonan Ahmadinejad.

Iran membuka pendaftaran capres pada hari Selasa. Presiden Hassan Rouhani diketahui tidak dapat mencalonkan diri lagi karena batasan masa jabatan. Jadi siapa pun yang memenangkan pemungutan suara pada 18 Juni akan menjadi presiden Iran selanjutnya.

Ahmadinejad menjabat sebagai Presiden Iran pada tahun 2005 dan selesai menjabat pada 2013, setelah terpilihnya Presiden Hassan Rouhani. Namun, meski sudah tidak menjabat, Ahmadinejad masih berusaha untuk menghidupkan kembali kejayaan politiknya di depan umum dan di media sosial.

Baca Juga: Kapal Militer Amerika Serikat Melepaskan 30 Tembakan Peringakatan ke Arah 13 Kapal Iran

Ketika menjabat sebagai Presiden, Ahmadinejad pernah mendorong negaranya untuk masuk dalam konfrontasi terbuka dengan Barat karena program nuklirnya.

Dalam persepsi dunia barat, citranya tidak begitu populer. Hal ini karena pandangannya yang menyangkal Holocaust, tidak mendukung LGBTQ dan mengisyaratkan bahwa Iran dapat membuat senjata nuklir.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19