Kompas TV regional viral

Wuih, Jalan Tol Trans-Jawa Bisa Nyanyi "Selamat Ulang Tahun"

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 15:28 WIB
wuih-jalan-tol-trans-jawa-bisa-nyanyi-selamat-ulang-tahun
Ilustrasi Jalan Tol (Sumber: Waskita Karya)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan fakta unik dari Tol Trans-Jawa tepatnya ruas Ngawi-Kertosono-Kediri viral di media sosial.

Dalam video yang beredar jalan pada tol tersebut akan berbunyi dengan nada lagu Selamat Ulang Tahun jika dilewati dengan kecepatan tertentu.

Melansir Kompas.com, nada yang keluar dihasilkan dari marka jalan berupa rumble strip yang terpasang di dua lokasi KM 616 dan KM 644+200 B.

Baca Juga: Karena Sebarkan Ajakan Demo di Jalan Tol Demi Bisa Mudik, 3 Pria Ini Ditangkap Polisi

@bumninfo

Coba tebak lagu apa di tol unik Indonesia ini? ;) #bumn #bumninfo #fyp #tiktokpintar #berbagiilmu #samasamabelajar #masteredukasi #unik#jasamarga

original sound - BUMN Info - BUMN Info

Marka jalan bernada itu dipasang oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK).

Nada yang berada di jalan bebas hambatan itu dapat terdengar ketika kendaraan melewati lokasi dengan kecepatan 80-100 kilometer per jam.

Baca Juga: Duet Ashanty dan Arsy Trending di YouTube Saat Bawakan Lagu Sayang di Rising Star Indonesia Dangdut

Sebelum melewati daerah yang dimaksud, tiga rambu telah terpasang di setiap 400 meter, 200 meter, dan 50 meter sebelum dilewati.

"Jasa Marga berinovasi dengan menambahkan singing road, yakni marka jalan berupa speed trap dengan ketebalan tiga milimeter," tulis akun @official.jasamargatransjawatol, Selasa (11/5/2021).

Alasan dipasangnya rumble strip ini dimaksudkan agar para pengendara tetap fokus dijalan dan terhindar dari rasa kantuk.

Baca Juga: Viral Video Pengantar Jenazah Ngamuk dan Aniaya Petugas di Gerbang Jalan Tol Tamalanrea Makassar

Dalam laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan, jalan tol ini merupakan jalan tol bernada pertama di Indonesia.

Jalan bernada di lokasi KM 616 hanya terdapat dua nada.

Sementara di lokasi kedua di Km 644+200 B (arah Madiun-Solo) terdiri dari enam nada.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.