Kompas TV regional berita daerah

Napak Tilas Masjid Agung Karawang Tertua di Pulau Jawa

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 14:15 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

KARAWANG, KOMPAS.TV - Masjid Agung Karawang yang berdiri di atas tanah seluas 4000 meter dibangun oleh Syehch Quro, merupakan ulama yang menyebarkan agama islam di pulau Jawa wilayah barat.

Syech Quro ulama yang berasal dari campa putra dari Syeh Yusup Sidik. Pada tahun 1418 Syech Quro menumpang kapal laksamana Ceng Hoo, yang kapalnya bersandar di pelabuhan Sunda Pura.

Di sekitar pelabuhan tersebut Syech Quro kemudian membangun masjid yang saat ini dinamakan Masjid Agung Karawang. 

Saat itu masjid yang dibangun oleh Syech Quro pada tahun 1418 masehi, hanya berukuran panjang dan lebar 10 meter dan terbuat dari kayu dengan pondasi batu bebentuk kotak. 

Seiring dengan perkembangan jaman, Masjid Agung Karawang ini mengalami beberapa kali pembangunan dan perubahan bentuk dari aslinya. Pertama kali masjid diperluas dan dibangun oleh bupati pertama Karawang Adipati Singaperbangsa Karawang, pada saat inilah masjid ini disebut masjid agung. 

Perubahan kedua saat penjajahan Belanda oleh Raden Muhamad Soleh. Perubahan ketiga, oleh Raden Muhamad Tohir pada masa pergeseran orde baru ke orde lama, dan perubahan terakhir yang saat ini tengah dilakukan oleh Bupati Karawang Celica Nurachadiana.

 

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x