Kompas TV regional berita daerah

Momen Ramadan, Warga Binaan Lapas Banjarmasin Belajar Cara Memandikan Hingga Salat Jenazah

Rabu, 12 Mei 2021 | 13:37 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Melalui pesantren ramadan yang dilakukan sejak 13 april 2021 lalu, sebanyak 100 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan, Lapas kelas IIA Banjarmasin telah berhasil dinyatakan lulus dari pelatihan kegiatan fardhu kifayah.

Bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Banjarmasin, latihan dan belajar fardu kifayah seperti menyolatkan dan memandikan jenazah diberikan sebagai pengetahuan dan keterampilan bagi warga binaan.

Baca Juga: Lebaran di Rumah Saja, Danrem 101/Antasari Imbau Silaturahmi dengan Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Melalui pembinaan rohani tersebut, menurut Kalapas Banjarmasin, Porman Siregar adalah upaya agar warga binaan dapat insyaf dan sadar sehingga dapat lebih dapat membenahi diri kedepannya.

“Saya mengutamakan itu pembinaan rohani kepada warga binaan. Karena saya yakin terhadap mereka pecandu narkoba, pembunuh, pelanggar hukum, harus disentuh dengan ibadah, nilai agama,” ucap Porman Siregar .

“Saya yakin dengan jalan itu mereka akan insyaf mereka akan sadar,” tambahnya.

Benar saja, diakui warga binaan bahwa banyak pengetahuan agama yang sebelumnya tidak didapatkan diperoleh melalui kegiatan ini.

Baca Juga: Semangat Ramadan, Kalsel Peduli dan C.E.R.T Keliling Kota Berbagi Sahur dan Bahan Pokok

Seorang warga binaan, Iwan Wahyudi, mengaku kesempatan belajar agama sangat diperlukan baginya agar dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulillah selama pembinaan di bulan suci Ramadan, terutama terimakasih bapak Kalapas karena telah memberikan kami waktu untuk mempelajari ilmu agama yaitu fardu kifayah, sebelumnya kami tidak tahu sama sekali,” ungkap Iwan.

Sementara terkait remisi idul fitri, Lapas Banjarmasin mengajukan sebanyak 1170 narapidana yang akan diumumkan pada momen lebaran mendatang.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19