Kompas TV nasional berita utama

Indonesia Berangkatkan Bantuan Hibah Kemanusiaan ke India

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 13:17 WIB
indonesia-berangkatkan-bantuan-hibah-kemanusiaan-ke-india
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (Sumber: Dok. Kemlu RI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia berangkatkan bantuan hibah kemanusiaan ke India yang tengah mengalami krisis dalam penanganan Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika acara Pelepasan Bantuan Indonesia kepada India untuk Penanganan Pandemi Covid-19 di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (12/5/2021).

“Atas arahan Presiden Republik Indonesia pada siang hari ini pukul 14.00 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Indonesia akan memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India,” katanya.

Baca Juga: Warga India Gunakan Kotoran Sapi untuk Tangkal Covid-19, Dokter: Itu Keyakinan, Tak Ada Bukti Ilmiah

“Bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan ini berupa 200 unit oksigen konsentrator,” tambah Retno.

Sebelumnya, sambung Retno, pada tanggal 10 Mei 2021, pemerintah bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia telah mengirimkan 1.400 tabung oksigen silinder ke India.

“Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India. Bantuan kemanusiaan diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Jenazah Diduga Korban Covid-19 Terdampar di Tepian Sungai Gangga India

Retno menuturkan pemerintah mengikuti perkembangan situasi pandemi India termasuk kebutuhan mendesak terhadap oksigen. Indonesia dan India, sambung Retno, adalah sahabat lama Jakarta dekat sekaligus mitra strategis.

“Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Narendra Modi,” ujarnya.

Selain itu, Retno mengatakan Indonesia dan India sejak awal pandemi sudah bekerjasama melawan covid-19.

“Saya masih ingat betul karena saya langsung melakukan komunikasi dengan menteri luar negeri India, bagaimana pemerintah India memfasilitasi sehingga ekspor bahan baku obat yang pada saat itu sangat diperlukan oleh Indonesia dapat diperoleh,” katanya.

Baca Juga: Beredar Video Kerumunan Pemudik Cikampek Disebut Mirip di India, Kominfo Pastikan Video Lama

“India juga berperan penting mendukung pengadaan vaksin melalui kerangka multilateral,” tambahnya.

Retno lebih lanjut menambahkan bantuan Indonesia terhadap negara lain dalam penanganan pandemi Covid-19 bukan pertama kalinya. Indonesia, kata Retno, memberikan bantuan penanganan covid 19 bagi negara sahabat.

“Di awal pandemi saat mulai terjadi di Wuhan, Indonesia juga memberikan bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, dan hand sanitizer,” ujarnya.

Baca Juga: Ringankan Dampak Pandemi di India, Indonesia Kirim 1.400 Tabung dan Gas Oksigen

“Indonesia juga memberikan bantuan kepada sahabat Palestina dan negara-negara Pasifik. Indonesia juga berkontribusi melalui CEPI untuk mendukung akses setara vaksin bagi semua negara,” tambahnya.

Dalam pernyataannya Retno meyakini untuk berhasil melawan pandemi, solidaritas, kolaborasi dan kerja sama merupakan sebuah keharusan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x